Tribun

Bangun Gedung Baru di Kubu Raya, Pemerintah Kalbar Serahkan Bantuan Rp 1 Miliar untuk IAIN Pontianak

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) memberikan bantuan Rp 1 miliar untuk pembangunan kampus IAIN Pontianak

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Willem Jonata

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berikan bantuan Rp 1 miliar untuk pembangunan kampus IAIN Pontianak di Kubu Raya. Bantuan itu diserahkan langsung Gubernur Kalbar, Cornelis, Rabu (2/3/2016).

Usai mendampingi Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin, dalam rangka meresmikan gedung baru kampus tersebut, Cornelis mengatakan ada sejumlah perguruan tinggi swasta lain di Kalbar, yang sedang dalam persiapan untuk berstatus negeri.

"Tadi Pak Menteri sudah katakan, kelengkapan-kelengkapan itu tidak ada tawar-menawar, harus dilengkapi. Dan negara ternyata tidak keberatan," ujarnya.

Sementara, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin menambahkan, semoga tidak hanya tahun ini saja ada pengembangan gedung baru. Diharapkan juga realisasi pembangunan gedung Kampus II IAIN di wilayah Kubu Raya, tahun depan.

"Tadi informasi dari pak rektor, Pemerintah Daerah Kubu Raya telah memberikan tanah seluas 20 hektar. Mudah-mudahan itu juga bisa dimanfaatkan untuk penambahan gedung-gedung baru," ucapnya.

Dengan adanya penambahan gedung baru, Lukman berharap kemampuan IAIN Pontianak semakin besar dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswanya.

Selain itu, Menag menuturkan, dengan wawasan pengetahuan keagamaan yang memadai, maka perilaku-perilaku radikal, ekstrim ataupun hal-hal yang bertolak belakang dengan esensi ajaran agama akan sama sekali hilang.

"Karenanya lembaga-lembaga pendidikan keagamaan, tidak hanya Islam, tetapi juga sekolah tinggi Katolik, sekolah tinggi Kristen dan lainnya, juga memberikan pengaruh yang sangat signifikan dalam upaya bagaimana kita bisa menjaga pengetahuan pemahaman agama yang sesungguhnya dan tidak menyimpang dari esensi ajaran agama," tegasnya.(*)

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas