Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ribuan Pasukan Disiagakan Atasi Karhutla

Gelar pasukan atau kekuatan, merupakan bentuk upaya preventif untuk mengatasi meluasnya karhutla.

Editor: Mohamad Yoenus

Laporan Reporter Tribunpekanbaru.com, David Tobing

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU - Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada Rabu (16/3/2016) pagi, menggelar apel siaga pasukan di Lapangan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau.

Tercatat ada 1.151 pesonel gabungan dari beberapa instansi, seperti TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD dan Polhut disigakan hari itu.

Ribuan pasukan nantinya akan memperkuat personel lainnya yang telah melakukan tugas pemadaman karhutla di lapangan, dan mencegah meluasnya api.

Ribuan personel akan dikirim ke beberapa wilayah di Kabupaten Riau seperti Kepulauan Meranti, Dumai, Bengkalis, dan Pelalawan.

Kepala Satgas Karhutla yang juga Komandan Korem 013 Wirabima, Brigadir Jendral TNI Nurendi mengatakan Pemerintah Provinsi Riau belum lama ini telah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan.

Gelar pasukan atau kekuatan, merupakan bentuk upaya preventif untuk mengatasi meluasnya karhutla.

BERITA REKOMENDASI

Sebanyak 1151 orang personil yang disiagakan hari ini, kata Brigjen Nurendi, belum seluruhnya, hanya pasukan yang ada di pangkalan.

Seluruh personel itu, kata Dia, akan memperkuat personel yang tengah melakukan pemadaman karhutla.

Komdan Satgas Karhutla ini mengatakan secara keseluruhan, saat ini ada 6 Satuan Setingkat Kompi (SSK) personel yang ada di lapangan, yang terdiri dari 4 SSK personil TNI, satu SSK personil Polisi, Brimob 1 SSK, Lanal satu Satuan Setingkat Pleton (SST), ditambah lagi personel dari Manggala Angni, dan BPBD.

Para personel yang akan dikirim akan didukung dengan beberapa perlengkapan, seperti motor trail, dan mobil untuk melakukan patroli, serta sarana pendukung lainnya. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas