Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahasiswa UGM Sindir Kebakaran Hutan di Indonesia Lewat Perayaan Ulangtahun

Peringati Hari Hutan se-Dunia, puluhan mahasiswa yang menamakan dirinya aliansi hijau menggelar aksi simpatik di Tugu Pal Putih Yogyakarta.

Penulis: Khaerur Reza
Editor: Willem Jonata

Laporan Reporter Tribun Jogja, Khaerur Reza

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Peringati Hari Hutan se-Dunia, puluhan mahasiswa yang menamakan dirinya aliansi hijau menggelar aksi simpatik di Tugu Pal Putih Yogyakarta Senin (21/3/2016) sore.

Mahasiswa yang terdiri atas berbagai elemen Kampus UGM (Universitas Gajah Mada) merayakan ulang tahun Asapina Wati dan Asep Kurniawan, yang merupakan analogi bencana kabut asap akibat kebakaran hutan.

Acara dikemas tidak jauh berbeda dengan acara ulang tahun pada umumnya. Para mahasiswa menggunakan topi ulang tahun, menyanyikan lagu ulang tahun, serta melakukan prosesi tiup lilin dan potong kue.

Namun, di sela meriahnya perayaan ulang tahun terselip juga poster-poster bernada sindiran atas maraknya aksi pembakaran hutan di Indonesia. Di antaranya 'Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan' dan 'Mengenang 18 Tahun Hutan Dibakar'.

M Ali, Presiden BEM KM UGM mengatakan, dengan memasuki usia 18 tahun, maka kebakaran hutan memasuki masa remaja dan menuju dewasa.

"Kalau biasanya perayaan ulang tahun harapannya umurnya selalu panjang, di hari ulang tahun ini harapan kita semoga kebakaran hutan di Indonesia tidak terjadi terus-terusan alias pendek umurnya," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Aksi berjalan lancar dan damai dengan kawalan pihak kepolisian.(*)

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas