Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tanaman Unik Milik Petani di Balangan Kalsel Ini, Daunnya Campuran Antara Akasia dan Putri Malu

Sempat dikiranya akasia biasa, namun setelah diamati lebih seksama, ternyata pada batang akasia tersebut juga tumbuh daun putri malu.

Editor: Mohamad Yoenus

Laporan Wartawan Banjarmasin Post, Elhami

TRIBUNNEWS.COM, PARINGIN - Amrullah warga Desa Tebing Tinggi Kecamatan Tebing Tinggi, Balangan Kalimantan Selatan, menemukan tanaman unik saat membersihkan rumput di ladangnya.

Sempat dikiranya akasia biasa, namun setelah diamati lebih seksama, ternyata pada batang akasia tersebut juga tumbuh daun putri malu.

Merasa tanaman tersebut memiliki akhirnya Amrullah memutuskan untuk tidak menebas dan membiarkan tanaman tersebut tetap tumbuh.

"Tanaman padi saya sudah berbulir. Banyak rumputnya, lalu saya bersihkan. Eh, tidak taunya melihat ada tanaman akasia aneh ini," katanya kepada BPost Online yang menemui Amrullah di Ladangnya, Kamis (24/3/2016).

"Batang dan daunnya ditumbuhi daun putri malu, padahal disekitarnya tidak ada putri malu. Saya sempat tak percaya, tapi saya amati terus, ternyata aneh dan unik," ujarnya.

Amrullah kemudian mencoba untuk mencari apakah ada tanaman sejenis yang tumbuh di sekitar ladangnya. Namun setelah berusaha mencari tidak menemukannya.

BERITA REKOMENDASI

"Warga di sini juga sudah tahu, tapi mereka juga bingung, silahkan saja kalau mau mengamati, soalnya cuma satu aja tumbuhnya," ucapnya.

Tinggi tanaman akasia tersebut sekitar 40 cm, dan diperkirakan berumur sekitar dua bulan.

Daun putri malu tidak hanya tumbuh dibagian batang, tetapi juga tumbuh di ujung daun akasia. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas