Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dinkes Bali dan BBPOM Denpasar Sidak Vaksin Palsu

Adanya isu vaksin palsu beredar di Bali, Dinas Kesehatan Provinsi Bali menggelar inspeksi mendadak (sidak) untuk memastikan kebenaran kabar tersebut.

Editor: Mohamad Yoenus

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR – Adanya isu vaksin palsu beredar di Bali, Dinas Kesehatan Provinsi Bali menggelar inspeksi mendadak (sidak) untuk memastikan kebenaran kabar tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr.I Ketut Suarjaya, bersama Kepala BBPOM Denpasar, Endang Widowati dan tim, mendatangi sejumlah rumah sakit swasta, klinik dan apotek.

"Saya ingin pastikan informasi tersebut tidak benar dan sudah menginstruksikan setiap kabupaten untuk melakukan penyisiran secara serentak," tegas Suarjaya, Kamis (30/6/2016) kepada awak media.

RS swasta yang didatangi pertama yakni RS Bali Med Denpasar, RS Kasih Ibu, RS Surya Husada Ubung, beberapa klinik dan apotek.

Jenis vaksin yang diperiksa adalah vaksin imunisasi dasar, seperti BCG, campak, polio, dan HB. 

Vaksin asli memiliki label, nomor batch, dan segel penutup. Setelah itu diperiksa dokumen pengadaannya dari distributor mana vaksin tersebut didapat.

BERITA TERKAIT

“Kalau memang betul ada vaksin palsu. Kami akan mengambil tindakan tegas dan menelusuri vaksin tersebut berasal dari mana. Serta mendata yang mendapatkan vaksin palsu tersebut,” tuturnya.

Namun dari beberapa rumah sakit swasta dan klinik yang menjadi sasaran sidak, belum ada temuan vaksin palsu. (*)

Sumber: Tribun Bali
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas