Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aksi Demo Mahasiswa Kian Memanas, Simak 6 Film Memperjuangkan Kebenaran

Terdapat deretan pasal dalam RKUHP yang dianggap melenceng dan tidak masuk akal, seperti mengenai aborsi, aturan korupsi hingga aturan tentang perzina

Editor: Content Writer
zoom-in Aksi Demo Mahasiswa Kian Memanas, Simak 6 Film Memperjuangkan Kebenaran
google
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mahasiswa seluruh Indonesia telah melangsungkan demo besar-besaran dihadapan pemerintah mengenai penolakan tentang sejulah Rancangan Undang-Undang Hukum Pidana (RUU-KHUP) yang terbaru. Demo mahasiswa berlangsung 23-24 September 2019. Dan pada tanggal 25 September demo diberlangsungkan oleh para siswa/siswi kalangan SMA,STM, dan SMP.

Terdapat deretan pasal dalam RKUHP yang dianggap melenceng dan tidak masuk akal, seperti mengenai aborsi, aturan korupsi hingga aturan tentang perzinahan. Untuk para mahasiswa yang sedang siap-siap menuntut keadilan dihadapan pemerintah, cek dulu 6 film yang wajib ditonton agar perjuangan kamu membela keadilan semakin totalitas.

1. Film Detroit (2017)

film detroit
ilustrasi

Film drama kriminal ini berasal dari kisah nyata di daerah Detroit, Michigan, AS, pada 1967 silam. Kerusuhan ini berlandaskan isu rasial antara warga kulit putih dan kulit hitam di Amerika. Film ini mulai tayang pada Agustus 2017. Disutradarai oleh Kathryn Bigelow, film ini dibintangi oleh pemenang Oscar, Anthony Mackie.

Film ini mengenai penyerbuan polisi terhadap sebuah klub malam milik warga kulit hitam, dimana mayaroitas warga kulit hitam pun melakukan kerusuhan dengan penjarahan dan pembakaran toko-toko di kota Detroit.

Baca: Viral Aksi Keybordist Arindi Putri, Mainkan Keyboard Ala Musik DJ, Skillnya Dilirik 2 DJ Ternama

Tribuners, film ini kental dengan isu sosial dan isu rasialis di era modern loh. Meskipun kejadian dan film ini telah berlalu, isu rasialis antara kulit hitam dan kulit putih di Amerika masih memanas. Melalui isu yang fenomenal ini, film ini bisa dijadikan pembelajaran bagi Tribuners yang sedang mendalami isu rasisme yang terjadi di Indonesia saat ini.

 2. Film No Escape (2015)

film no escape
ilustrasi
BERITA TERKAIT

Siapa yang gak ke sem-sem akan ketampanan Owen Wilson. Di film ini, Owen rela lari-larian demi melindungi keluarga kecilnya. Film ini berawal dari Sepasang suami istri yang pindah ke negara Asia Tenggara, alih-alih ingin hidup bahagia dengan keluarga kecil tercintanya, Jack Dwyer yang diperani oleh Owen Wilson diterpa kemalangan di awal kepindahannya. Kedatangan Jack dan keluarga nya berbarengan dengan peristiwa kudeta yang berujung pada terbunuhnya seorang perdana mentri oleh pasukan pemberontak.

Pasukan pemberontak ini mengincar setiap warga asing di daerahnya, ia tak segan-segan menembaki setiap warga asing yang tak bersalah. Pada film tersebut, pasukan pemberontak ini adalah kelompok di pemerintahan yang tidak setuju dengan masuknya investasi asing yang ternyata memperbudak mereka dengan hutang luar negri.

Baca: Brand Lokal Karya Influencer Indonesia Mendapatkan Rekor MURI

Film No Escape ini memberikan rasa takut bercampur trauma sehingga mengingatkan kita akan kerusuhan Mei 1998. Tribuners jika kamu memiliki nyali yang kecil, jangan pernah nonton film ini. Selain mengandung adegan-adegan pembunuhan tanpa adanya rasa empati dan simpati, film ini membuat penontonnya merasa sesak, stress dan haru tak kepalang.

Duh, semoga aksi demonstrasi mahasiswa dan seluruh warga tidak berujung pada pemberontakan yang kejam yah.

3. Film Padmaavat (2018)

film padmavaat
ilustrasi

Pecinta film India, jangan harap film ini berisi nyanyian indah ataupun menari dibawah pohon. Film kontroversial ini sempat memicu aksi protes besar-besaran di Ahmedabad, India. Para aksi demonstran tak segan-segan membakar sepeda motor dan merusak mobil di Ahmedabad.

Dibalik banyaknya kontroversi, film ini diangkat dari sebuah teks pusi diabad ke-16. Film ini menceritakan tentang Rani Padmavati yang merupakan dewi Hindu di abada ke-14. Kecantikan dan kepintaran seorang dewi Hindu ini terdengar sampai ke seluruh penjuru negri, hingga raja Muslim pada Abad ke-14, Alauddin Khilji menyerang kerjaaan karna jatuh cinta dengan dewi Hindu, Padmavati.

Baca: Wadidaw! Malam Jumat Mau Makan Mie Ayam Malah Mangkok Digeser Makhluk Gaib

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas