Tribun

Waktunya Muda Mudi Dapat Wawasan

Mengenal La’eeb, Maskot Piala Dunia 2022 Qatar Lambangkan Kepercayaan Diri dan Kebebasan Berekspresi

Mengenal La'eeb, maskot resmi Piala Dunia 2022 Qatar yang katanya melambangkan kepercayaan diri dan kebebasan berekspresi. Apakah benar?

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
Editor: Firda Fitri Yanda
zoom-in Mengenal La’eeb, Maskot Piala Dunia 2022 Qatar Lambangkan Kepercayaan Diri dan Kebebasan Berekspresi
FIFA
Maskot Piala Dunia 2022 Qatar 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Piala Dunia 2022 sebentar lagi akan digelar. Qatar sebagai tuan rumah bersama FIFA meluncurkan maskot resmi bernama La’eeb.

Terpilihnya La’eeb ini pun menjadi sebuah tradisi di mana pada setiap pagelaran Piala Dunia, tuan rumah akan menghadirkan maskot yang melambangkan negara dan menjadi ciri khas negara mereka di mata dunia.

Uniknya, meski Piala Dunia sudah digelar sejak 1930 silam, penggunaan maskot secara resmi baru dimulai pada Piala Dunia 1966 di Inggris. Tradisi menghadirkan maskot ini pun akhirnya terus dipertahankan hingga pada Piala Dunia 2022 yang tinggal hitungan hari.

Walaupun baru akan kick-off pada tanggal 21 November 2022 mendatang. Sejak April 2022 lalu, FIFA sudah memperkenalkan La’eeb sebagai maskot Piala Dunia 2022 Qatar.

Dalam peluncuran La’eeb sebagai maskot Piala Dunia 2022 Qatar, FIFA membagikan video animasi di berbagai platform media sosialnya. Dalam video berdurasi 4 menit 23 detik ini, diungkapkan nama dan asal-usul La’eeb.

Karakter si La’eeb

Karakter si La’eeb
Wajah dari Maskot Piala Dunia 2022 Qatar, si La’eeb.

La’eeb merupakan sebuah kata dalam bahasa Arab, yang berarti pemain yang sangat terampil. Peluncuran maskot ini disertai dengan moto ‘Now is All’  diharapkan dapat membawa kegembiraan bagi semua orang.

FIFA menggambarkan La’eeb sebagai sosok yang suka berpetualang, menyenangkan dan penuh rasa ingin tahu. La’eeb tampil dengan wajah ceria, memakai kain putih dan memakai igal (ikat kepala) serta melayang di udara.

“Dengan bangga, kami memperkenalkan La’eeb sebagai maskot resmi Piala Dunia pertama di Timur Tengah dan dunia Arab. Dia berasal dari tempat yang tak terlukiskan. Dia bisa menjadi apa saja menurut imajinasi semua orang,” ucap Khalid Ali Al Mawlawi selaku Deputy Director General, Marketing, Communications and Tournament Experience, Supreme Committee for Delivery & Legacy FIFA.

Dalam video perkenalannya, La’eeb juga dengan percaya diri mengungkapan bahwa dia berperan dalam beberapa momen terkenal di sejarah sepak bola.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas