Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menuai Pro Kontra, Inilah Negara-Negara yang Menyediakan Fasilitas Toilet Gender Netral

Sempat viral, toilet gender netral ternyata sudah dibuka untuk umum di negara lain. Berikut 5 negara yang menyediakan toilet gender netral.

Editor: Content Writer
zoom-in Menuai Pro Kontra, Inilah Negara-Negara yang Menyediakan Fasilitas Toilet Gender Netral
Shutterstock
Ilustrasi signage toilet gender netral 

TRIBUNNEWS.COM - Beberapa waktu lalu, publik dikejutkan dengan siaran podcast milik Daniel Mananta yang membahas tentang keberadaan toilet gender netral di salah satu sekolah internasional di Jakarta. Fakta ini terungkap ketika Daniel sedang mencarikan sekolah untuk anaknya.

Adanya toilet bebas gender tersebut membuat Daniel menyayangkan sikap pihak sekolah yang menurutnya, secara tidak langsung menganut ajaran terbuka terkait kampanye LGBT.

Lalu, apa yang membuat toilet gender netral ini sempat menjadi perdebatan? Tidak seperti toilet yang dibedakan berdasarkan jenis kelamin, toilet gender netral memungkinkan semua orang, mulai dari pria, wanita, sampai transgender maupun non biner dapat menggunakan toilet dengan nyaman.

Adanya toilet gender netral sebenarnya memberikan sisi positif yang bisa diambil, yaitu bagaimana menerapkan inklusivitas dan mengurangi diskriminasi atau kebencian terhadap suatu golongan. 

Namun sayangnya, kehadiran toilet ini juga berisiko menimbulkan permasalahan, seperti permasalahan moral, meningkatnya risiko pelecehan seksual, dan mengurangi kenyamanan wanita saat mengalami fase menstruasi. 

Nah, kebijakan toilet gender netral ternyata sudah diterapkan di beberapa negara, lho. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Kanada

BERITA TERKAIT

Kanada termasuk salah satu negara yang memelopori pengadaan toilet gender netral. Pada tahun 2014, Pemerintah Kanada membuat undang-undang yang mengatur toilet uniseks dan merundingkan tentang penggunaan simbol yang akan menjadi signage toilet gender netral.

Kota pertama yang menyediakan toilet gender netral di bangunan publik adalah Vancouver. Kemudian, fasilitas publik yang ada di Toronto mulai membuka toilet uniseks, seperti yang ada di Canadian National Exhibition, University of Toronto, Ryerson University, dan Yorkdale Mall.

Namun, pada Februari 2023 lalu, seorang siswa Joseph’s Catholic High School bernama Josh Alexander diskors dan dilarang mengikuti pelajaran sampai akhir tahun karena menentang kebijakan toilet gender netral yang ada di SMA tersebut.

Amerika Serikat

Negara tetangga Kanada, yaitu Amerika Serikat ikut meluncurkan kebijakan pembukaan toilet gender netral di ruang publik. Toilet transgender tersebut bisa dijumpai di beberapa daerah seperti New York, Hollywood Barat, Washington D.C., Philadelphia, Oregon, Portland, dan San Fransisco. Toilet gender netral juga sudah menyebar di 150 universitas yang ada di AS.

Untuk mendukung fasilitas toilet gender netral yang memadai, sebuah organisasi mahasiswa Rhode Island School of Design menginisiasi perancangan toilet di student center dengan melakukan kolaborasi bersama arsitek dari WorkAC. Setiap bilik toilet dilengkapi perabotan untuk memberikan privasi bagi penggunanya.

Ada penerimaan, ada pula aksi penolakan terhadap toilet gender netral. Pada tahun 2011, sebelas negara bagian AS pernah melayangkan gugatan kepada Presiden Obama terkait peraturan penggunaan toilet di sekolah bagi siswa transgender. 

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas