Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengenal Sosok “Pannasuna”, Penjaga Resep Utama Masakan Tradisional Tanah Cakke Sulawesi Selatan

Lahir sebagai wanita Jawa, Ibu Sri Winang kini menjadi “Pannasuna” sang penjaga resep utama masakan tradisional Cakke, Sulawesi Selatan.

Editor: Content Writer
zoom-in Mengenal Sosok “Pannasuna”, Penjaga Resep Utama Masakan Tradisional Tanah Cakke Sulawesi Selatan
Istimewa
Ilustrasi traditional chef, Penjaga Masakan Tradisional (shutterstock) 

TRIBUNNEWS.COM - Bukan hanya kaya akan sumber daya alam, Indonesia juga menjadi salah satu negara yang kaya akan berbagai cita rasa masakannya. Ada banyak jenis makanan yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, termasuk makanan utama, pendamping, dan makanan ringan.

Dari sekian banyak jenis makanan di Tanah Air, beberapa makanan tradisional disebut mulai terancam punah. Hal itu disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya adalah menurunnya jumlah orang dengan pengetahuan teknik pembuatan masakan tradisional tersebut.

Meski tak seluruhnya, ada beberapa wilayah di Indonesia yang ternyata masih memiliki “Traditional Chef”. Keberadaan Traditional Chef inilah sebagai penjaga utama dari masakan tradisional tempat mereka tinggal. Biasanya, jasa mereka selalu dipakai saat ada hajatan atau acara adat tertentu. Singkatnya, juru masak asli setempat.

Bicara soal Traditional Chef, di Cakke Sulawesi Selatan ada sebutan khususnya lho! Yap, mereka kerap disebut sebagai “Pannasuna”. Jika di beberapa daerah tertentu Traditional Chef ini harus diwariskan secara turun temurun, masyarakat Cakke cukup terbuka untuk memilih Sang “Pannasuna”.

Baca juga: Saatnya Baca WADIDAW untuk Generasi Muda Kaya Wawasan dan Informasi Terkini!

Salah satunya adalah Ibu Sri Winang yang menjadi “Pannasuna”, sang penjaga resep utama masakan tradisional Cakke, Sulawesi Selatan.

“Ibu Sri Itu sebetulnya bukan orang asli Cakke, dia itu sebenarnya Orang Jawa lalu pindah ke situ sudah bertahun-tahun terus dia belajar dari mertuanya dan tetangganya, lalu kemudian karena senang masak dan masakannya enak, dia  jadi si "Panasunna".  Jadi kalau hajatan acara adat apapun itu selalu ke Ibu Sri,” ujar narasumber seperti dikutip dari laman Instagram Gastronusa, Kamis (4/1/2024).

Keberadaan Traditional Chef, seperti “Panasunna” ini dianggap sangat penting di Indonesia. Ini karena mereka lah yang menjaga resep masakan tradisional agar tak punah begitu saja. Bukan hanya menjadi penjaga resep utama masakan tradisional semata, profesi ini juga cukup menguntungkan karena bisa memperoleh pendapatan sebagai seorang juru masak.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas