News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Keran Impor Kedelai Dibuka Sejak Dua Pekan Lalu

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan di salah satu pabrik tahu dan tempe di bilangan Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (27/8/2013).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk memenuhi pasokan kedelai dalam negeri, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM, membuka keran impor. Sejak dua minggu lalu, impor kedelai dari Amerika Serikat (AS) sudah dialirkan.

"Dua minggu lalu, impor kedelai dari Amerika," ujar Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan kepada Tribunnews.com, di salah satu pabrik tahu dan tempe di bilangan Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (27/8/2013).

Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, Kementerian Koperasi menargetkan 20 ribu ton kedelai untuk sekali pengiriman. Meski masih kurang, Syarif menilai pasokan sebesar itu bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Keran impor sudah dibuka, dikasih target 20 ribu ton sekali pengiriman," jelas Syarif Hasan.

Sebelumnya diberitakan Tribunnews.com, pasokan kedelai dalam negeri masih kurang. Sebab, produksi hanya mencapai 20 ribu ton, sedangkan kedelai yang dibutuhkan untuk memeroduksi tahu tempe mencapai 2,5 juta ton.

Saat ini, harga kedelai satu kilogram berada di kisaran Rp 9.300. Padahal. sebelum bulan puasa tiba, harga kedelai satu kilogram di kisaran Rp 7.400. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini