News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gas Benggala Pertamina EP Mengalir Hidupkan Sumut

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho mengecek pasokan gas PT Pertamina EP di Sumur Gas Benggala, Senin (25/11/2013). 

Gatot yang datang meninjau lokasi Sumur Benggala bersama rombongan pemerintah Propinsi Sumatera Utara didampingi SKK Migas Perwakilan Sumatera Utara. Dengan dioperasikannya sumur tersebut, maka Pertamina sudah membantu menghidupkan kembali industri dan listrik Sumatera Utara.

Saat ini Benggala-01 sudah memasok sekitar 2,6 MMSCFD untuk PGN menggunakan jalur PJBG eksisting. Kemampuan pasok gas Benggala-01 secara kontinyu adalah berkisar antara 4,5 – 5 MMSCFD, sehingga sisanya dari 2,6 MMSCFD itu, akan dijajaki untuk didistribusikan ke PLN untuk membantu permasalahan listrik di Sumatera Utara.

“Saat ini status PJBG dengan PLN sedang dalam proses diskusi menentukan skema yang tepat seperti apa” Ujar Agus Amperianto, PR Manager PT Pertamina EP.

Dalam pelaksanaan kegiatan pemboran Sumur Gas Benggala 01, PT Pertamina EP menghabiskan biaya sampai dengan USD 18 Juta. Dengan kedalaman mencapai 3400 Meter.

"Biaya yang kami keluarkan memang sangat tinggi, hal ini menunjukkan betapa besar resiko dan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan energi" ujar Agus menjelaskan.

Langkah berikutnya, Pertamina EP akan melakukan pengeboran deleniasi untuk mengembangkan sumur yang sudah di bor sebelumnya. Pertamina EP akan melakukan pemboran di sumur benggala 02 dan Benggala 03 sebagai pengembangan sumur benggala 01.

"Untuk itu kami mohon dukungan dari pemerintah pusat dan daerah serta masyarakat agar apa yang kami usahakan ini membawa dampak bagi semuanya" papar Agus.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini