News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konsep 'Blue Economy' Tingkatkan Sumber Daya Perikanan

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Kelautan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan konsep blue economy sudah menggema di dunia sehingga pihaknya fokusnya pada implementasi blue economy.

Sharif menjelaskan blue economy bertujuan untuk menjaga sumber daya kelautan dan perikanan secara optimal. Konsep blue economy juga bertujuan membantu meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

"Blue economy sudah mulai menggema di dunia. Konsep blue economy ini adalah tanpa limbah dan efisien. Meningkatkan pendapatan dan menjaga lingkungan, khususnya di daerah yang tingkat kemiskinannya masih tinggi," kata Sharif, Selasa (25/2/2014).

Menurutnya untuk mewujudkan implementasi blue economy pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan Pemkab Lombok Tengah dan Lombok Timur. Dimana kesepatan tersebut diarahkan untuk meningkatkan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yang berbasis blue economy di pulau Lombok.

"Penggunaan sumber daya alam harus tetap kita jaga. Caranya, bagaimana pemakaian sumber daya alam secara efisien, tak ada lagi imbah, memberikan pendapatan pada masyarakat, dan menjaga ekosistem kelautan. Ini tujuan blue economy," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini