News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Anggaran Infrastruktur Bakal Dipotong Hingga 30 Persen , Menteri PU Pasrah

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Budi Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Semua Kementerian dengan anggaran belanja yang besar akan dipangkas untuk menghemat anggaran negara. Salah satu anggaran belanja paling besar adalah Kementerian Pekerjaan Umum (PU), dimana anggarannya untuk pembangunan infrastruktur. 

Rencananya anggaran Kementerian dipotong sampai 30 persen. Menanggapi hal tersebut Menteri PU Djoko Kirmanto mengaku pasrah. 

"Ya tidak boleh ada kementerian yang tak mau dipotong anggarannya," ujar Djoko, di kantornya, Jumat (16/5/2014). 

Djoko menjelaskan untuk proyek infrastruktur yang belum selesai, akan diundur sampai anggaran yang baru bisa dicairkan. Dalam hal ini beberapa proyek anggaran PU akan dilaksanakan kembali tahun depan. 

"Proyeknya kita undur sampai tahun depan," ungkap Djoko. 

Dalam penyediaan infrastruktur bidang pekerjaan umum tahun 2014 tersedia anggaran Rp 84,14 triliun. Anggaran ini adalah untuk meningkatkan kemantapan jalan menjadi 94 persen dari 92,95 persen di akhir 2013 lalu. Selain itu saat ini sedang berlangsung konstruksi tujuh waduk atau bendungan, seperti Jatigede di Jawa Barat. 

Dari sisi penyediaan air minum, Kementerian PU sedang mengejar target pemenuhan Milenium Development Goals (MDG's) yakni 68,7 persen tahun 2015 mendatang. Di akhir tahun 2013 akses air minum hanya mencapai 61,08 persen. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini