News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kepala Bappenas Klaim Pemerintah Berperan Besar dalam Pembangunan Infrastruktur

Penulis: Randa Rinaldi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri PPN dan Kepala Bappenas Armida Alisjahbana membuka musyawarah perencanaan pembangunan provinsi (musrenbangprov) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perencanaan Daerah (RKPD) 2015 di Hotel Grand Clarion Makassar, Senin (24/3). Musyawarah ini diikuti seluruh unsur terkait seperti Gubernur, Bupati, Walikota dan kepala dinas. (tribun timur/muhammad abdiwan)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana mengatakan peran pemerintah dalam Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) paling besar di segi inftrastruktur.

Dalam refleksi tiga tahun pelaksanaan MP3EI peran pemerintah dalam mendukung program tersebut yaitu sebesar dua pertiga dari total keseluruhan. Sisanya peran swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berperan dalam sektor riil.

"Investasi pemerintah sekitar sepertiga angkanya dengan total Rp 133 triliun yang sudah dilakukan groudbreaking sampai Juni 2014. Selain itu 38% BUMN dengan total Rp, 157 triliun, swasta 7% dan sisanya dari investasi campuran,"ujar Armida di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (3/9/2014) pagi.

Armida menuturkan sektor infrastruktur tentang rencana groundbreaking pasti akan dijalankan meskipun pembangunannya tidak akan rampung dalam waktu dekat.

Selain sektor inftrastruktur, peran lain juga terlihat oleh swasta dan BUMN dalam sektor riil. Sektor ini meliputi perkebunan, pengelolaan lahan dan sumber daya alam yang mempunyai nilai tambah di luar Pulau Jawa.

"Kami mengharapkan nanti juga di dengar dari investor dunia usaha dan di tingkat pemerintah daerah juga harus didengar bagaimana keinginan mereka,"jelas Armida.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini