News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Politikus NasDem: Dunia Usaha Dimanjakan Proses Izin Investasi Hanya Tiga Jam

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua Fraksi NasDem Johny G Plate.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Fraksi NasDem di DPR, Johnny G Plate, menilai paket kebijakan ekonomi jilid II cukup bagus namun keberhasilannya tergantung pada dunia usaha.

"Yang perlu sekarang adalah dunia usaha mengantisipasinya dan mengambil langkah-langkah konkret. Itu paket jilid II paket sangat teknis, bagaimana dunia usaha memaksimalkan itu," kata Johnny di DPR, Jakarta, Kamis (1/10/2015).

Paket kebijakan ekonomi tahap II pemerintah menekankan penyingkatan perizinan investasi dalam hitungan jam. Para investor akan mengurus izin tidak sampai 526 hari tapi cukup dalam tiga jam.

Menurut Johnny, singkatnya perizinan dalam waktu tiga jam merupakan komitmen pemerintah menggairahkan iklim investasi. Kebijakan ini harus diikuti komitmen pemerintah daerah.

"Ini komitmen pemerintah pusat yang harus diikuti komitmen pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota. Karena perizinan itu banyak berada di daerah-daerah, pemerintah daerah," beber dia.

Pemerintah sedang membangun sistem yang harus dapat dimanfaatkan oleh dunia usaha. Dunia usaha, kata Johnny, harus mengantisipasi agar program pemerintah bisa diimplementasikan.

"Yang penting bukan tiga jamnya (proses perizinan), tapi selesai di waktu yang cepat di hari yang sama. Itu yang penting," beber dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini