News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

5 Penyebab Masalah Keuangan yang Sering Kamu Alami

Editor: Yudie Thirzano
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masalah financial bisa mendera siapa saja. Salah satu penyebab adalah karena gagal mengatur keuangan.

Betul, berapapun penghasilan yang Kamu miliki, apabila tidak dikelola dengan baik tentu tak akan menimbulkan masalah.

Berikut ada lima penyebab masalah keuangan yang mungkin sering atau pernah Kamu alami.  Silakan disimak.

Tidak Memiliki Dana Darurat

Dana darurat harus dimiliki setiap orang karena tidak ada yang bisa memprediksikan apa yang akan terjadi di kemudian hari. Dana darurat ini sangat berguna apabila salah satu keluarga Kamu mengalami musibah dan membutuhkan biaya.

Dengan dana darurat ini, Kamu tidak perlu pusing tujuh keliling memikirkan biaya. Kamu tinggal mengambil dan menutup biaya rumah sakit dari dana darurat tersebut.

Ketidakadaan dana darurat sering membuat keuangan Kamu gonjang ganjing saat membutuhkan dana dadakan.  Kamu biasanya terpaksa harus berhutang yang buntut-buntutnya akan membuat kondisi keuangan tambah berantakan.

Tidak Dapat Memisahkan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Untuk menghindari masalah keuangan, Kamu harus bijak dalam memutuskan mana yang menjadi keinginan dan mana yang menjadi kebutuhan.

Ketidakmampuan membedakan antara kebutuhan dan keinginan sering menjadi bumerang yang akibatnya menjadi masalah dalam penataan keuangan Kamu.

Disarankan Kamu selalu membuat daftar belanjaan sebelum membeli sesuatu.

Selain itu jangan terpaku dengan merek tertentu saja, kalau ada produk lain dan memiliki kualitas tak jauh berbeda kenapa tidak? Selama masih berguna untuk keperluan Kamu.

Tidak Jelas Kemana Uang Keluar

Tiba-tiba gaji habis. Atau Kamu kebingungan kemana saja uang Kamu mengalir. Tidak heran kalau Kamu mengalami defisit bahkan sebelum pertengahan bulan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini