News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hingga Akhir Tahun, BEI Diperkirakan Hanya Mampu Jaring 20 Emiten Baru

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

PANTAU PERGERAKAN SAHAM - Petugas Sekuritas sedang memantau pergerakan saham di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga akhir tahun ini, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) diperkirakan hanya mampu membawa 20 perusahaan untuk melantai di pasar modal melalui Penawaran Umum Perdana (Initial Public Offering/IPO) saham.

Target BEI sepanjang tahun ini dalam menjaring emiten baru sebanyak 35 perusahaan, namun belakangan ini direvisi menjadi 25 perusahaan dan jelang akhir September 2016 baru mampu membawa 14 emiten baru.

‎"Masih ada enam calon emiten lagi, menunggu pernyataan efektif dari OJK," kata Direktur Penilaian Perusahaan Samsul Hidayat di Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Minimnya emiten baru disebabkan banyak hal, seperti kondisi perekonomian, pemilik saham dari perusahaan yang belum tertarik ke pasar modal, dan ada yang memilih menerbitkan obligasi dalam mencari tambahan modalnya.

"Kami banyak melakukan kegiatan, misalnya mendatangi 200 perusahaan dan 130 perusahaan menyatakan minat, tapi itu kan baru minat saja," paparnya.

Selain itu, ada beberapa perusahaan yang telebih dahulu melakukan restrukturisasi permodalannya dan terkendala dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK).

"Misalnya belum memenuhi PSAK 16, terkait kewajiban perusahaan untuk membentuk dana pensiun," ucap Samsul.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini