News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Cara Bank Indonesia ‎Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta Jumat (18/12/2015)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -‎ ‎Demi mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang stabil dan berkelanjutan, Bank Indonesia Institute menyelenggarakan program Economic Leadership for Regional Government Leader.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, bangsa Indonesia menghadapi tantangan baru akibat konstelasi ekonomi global dan percepatan perubahan yang pesat, yang dipicu perkembangan eksponensial teknologi.

Menurutnya, digitalisasi, mobilitas dan keterhubungan telah menciptakan platform-platform yang tidak melihat wilayah dan batas-batas regional.

"Untuk menjawab tantangan dan merespon hal tersebut, pengembangan SDM yang berkualitas dalam kepemimpinan ekonomi nasional dan regional menjadi jawaban yang tepat,” ujar Perry, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Economic Leadership for Regional Government Leader merupakan program pembekalan dan pengembangan kepemimpinan melalui kurikulum yang inovatif dan bersifat transformatif, dimana program ini dikemas secara efisien dengan kurikulum selama tiga hari.

Baca: Pemerintah Impor 500.000 Ton Beras, PKS Sebut Jokowi Ingkar Janji

Baca: Wow, Harta Kekayaan OSO Setara dengan 30 Lebih Kader Hanura Kubu Ambhara

“Lebih rinci, program ini akan memaparkan strategi bagi pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga. Selanjutnya adalah strategi dalam menciptakan sumber pertumbuhan ekonomi baru sesuai kondisi masing-masing daerah," tuturnya.

‎Kemudian, kata Perry, diajarkancara mendayagunakan APBD terutama dalam peningkatan efisiensi dan ketepatan pemanfaatan, serta cara menciptakan iklim investasi terutama dengan membuat regulasi yang ramah terhadap investor.

"Terakhir, program ini juga memaparkan strategi koordinasi dan komunikasi antara pemerintah daerah dengan stakeholder," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini