News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kemenhub Uji Coba Bongkar Muat di Pelabuhan Patimban, Angkut 22 Unit Mobil

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus Purnomo saat peninjauan lokasi pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan uji coba bongkar muat dan penyandaran kapal di Pelabuhan Patimban pada Kamis (3/12/2020).

Uji coba tersebut dengan mengangkut 22 unit mobil dari terminal mobil ke dalam kapal.

Selain itu, uji coba juga untuk mengecek komunikasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan dalam rangka kesiapan operasional terbatas.

Baca juga: Menhub Tinjau Ujicoba Bongkar Muat Nissan Livina ke Perut Kapal di Pelabuhan Patimban

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan, uji coba ini untuk mempersiapkan pelabuhan itu akan beroperasi pada minggu kedua atau ketiga Desember 2020.

"Dalam uji coba tersebut berjalan lancar, kapal bisa bersandar dan ini artinya dermaga sudah siap untuk melakukan operasional," kata Menhub Budi Karya, Kamis (03/12/2020).

Baca juga: INSA: Pelabuhan Patimban Geliatkan Industri Perkapalan Nasional

Budi Karya juga mengatakan, kegiatan uji coba ini menggunakan kapal MV Ostina yang akan berlayar menuju Pelabuhan Belawan, Medan.

"Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari acara Table Top Exercise yang dilaksanakan pada 30 November 2020 lalu," ucap Budi Karya.

Lebih lanjut Budi menyatakan, pengelolaan Pelabuhan Patimban akan berada di bawah tanggung jawab Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Patimban selama pengoperasian secara terbatas.

"Kemudian nantinya, pengelolaan ini akan dibantu oleh tenaga ahli profesional di bidang kepelabuhan. Sehingga kompetensi yang diberikan akan sama baiknya dengan yang dilakukan di Tanjung Priok," ujar Budi.

Ia pun berharap, agar seluruh pemangku kepentingan dan sumber daya manusia (SDM) di Kementerian Perhubungan dan instansi terkait siap berpartisipasi dalam pengelolaan pelabuhan ini.

"Hal tersebut tentunya dapat membuat operasional Pelabuhan Patimban bisa berjalan lancar dan mendorong perekonomian di Jawa Barat," ucap Budi Karya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini