News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tokopedia Kenalkan Fitur Wakaf Uang, Pilihan Nilai Nominalnya dari Ceban Sampai Rp 100 Juta

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Peluncuran Fitur Tokopedia Wakaf Uang, Rabu (28/4/2021).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tokopedia memperkenalkan fitur Wakaf Uang dengan beragam nominal mulai dari Rp 10 ribu sampai dengan Rp 100 juta.

Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI), Prof Dr dr Ir H Mohammad Nuh, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama yang diajak oleh Tokopedia.

Hadirnya fitur wakaf uang di Tokopedia membuat masyarakat muslim semakin mudah dalam berwakaf sesuai karakteristik digital.

"Hadirnya pembayaran wakaf di Tokopedia membuktikan akan selalu ada dan selalu bisa bagi masyarakat muslim untuk berwakaf," kata Mohammad Nuh di acara peluncuran fitur Wakaf Uang Tokopedia, Rabu (28/4/2021).

Hadirnya fitur Wakaf Uang Tokopedia menjadikan sarana wakaf lebih mudah dan aman.

Selain memberi pengalaman yang fleksibel dengan memanfaatkan platform digital, hal ini akan berdampak sangat luar biasa, akuntabilitas dalam mengelola kumpulan wakaf juga lebih terjamin.

Baca juga: Mumpung Ramadan, Yuk Berwakaf! Kebun Jahe Merah di Bogor Ini Siap Jadi Ladang Amal

Dia menilai, fitur ini merupakan terobosan bagus. Dengan pilihan jumlah transaksi mencapai 100 juta transaksi setiap hari membuat potensi wakaf uang menjadi sangat menjanjikan.

Baca juga: Panduan Wakaf Benda Tidak Bergerak, Bentuk Wakaf hingga Cara Mendapat Akte Ikrar Wakaf

"Bayangkan jika hampir 10 persen (dari jumlah transaksi per hari) dikali Rp 10 ribu saja, itu sudah sangat luar biasa jumlahnya," tambah Mohammad Nuh.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni menambahkan, fitur Wakaf Uang merupakan wujud super ekosistem untuk menarik minat masyarakat dalam berwakaf.

Baca juga: Apa Itu Wakaf Produktif? Ada sejak Zaman Nabi hingga Bentuk Pengembangannya di Indonesia

"Tokopedia hadir untuk mewujudkan super ekosistem, salah satunya menarik minat masyarakat berwakaf," kata Astri.

Pihaknya saat ini memiliki beberapa program wakaf uang yang bisa dipilih masyarakat dan nantinya  disalurkan dalam beberapa program berbeda.

Diantaranya, 1.000 Wakaf Sumur ke Seluruh Pelosok Negeri, Wakaf Pembangunan Rumah Sakit dan Alat Kesehatan untuk Dhuafa, Wakaf Produktif Lahan Pertanian se-Indonesia, Pembangunan Lembaga Pendidikan Non Formal, Wakaf Pembangunan Masjid dan Pesantren.

Astri menambahkan, masyarakat yang ingin berwakaf bisa memulainya hanya dengan nominal Rp 10 ribu.

Dengan jumlah yang sangat terjangkau, akan menjadi manfaat yang begitu besar bagi penerima wakaf di Indonesia dan pahala amal jariyah akan terus mengalir pada pemberi wakaf.

"Wakaf ini seperti amal jariyah yang yang pahalanya terus mengalir ke kita, kami berharap dengan kemudahan nominal yang sangat terjangkau ini masyarakat bisa mulai menyisihkan mulai dari Rp 10 ribu," ujarnya.

"Ada banyak metode pembayaran untuk berwakaf. Kami juga bermitra dengan BWI, Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat dan masyarakat bisa memilih ke mana mereka menyalurkan uang," ujar Astri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini