News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sejarah Telekomunikasi Indonesia Dimulai, Telkomsel Resmi Gelar Kick Off 5G di Indonesia

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Telkomsel Resmi Gelar Kick Off 5G di Indonesia

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia memasuki era baru telekomunikasi dan digital melalui hadirnya jaringan 5G yang dipersembahkan Telkomsel.

Layanan 5G resmi diluncurkan secara komersial oleh Telkomsel setelah memegang Surat Keterangan Laik Operasional (SKLO) oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Era 5G yang memiliki keunggulan di dalamnya, akan dirasakan pelanggan Telkomsel secara bertahap dan akan diperluas cakupan wilayahnya.

Mengusung tema 'Unclock the Future, Telkomsel menghadirkan 5G setelah melakukan riset dan pengembangan sejak 2017 silam.

Melalui berbagai upaya dan tantangan, Telkomsel berhasil membuktikan pengembangan jaringan 5G meski pandemi Covid-19 masih melanda dunia.

"Hari ini merupakan hari bersejarah bagi dunia telekomunikasi Indonesia, di mana peresmian layanan 5G pertama kalinya dipersembahkan oleh Telkomsel," ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro saat menyampaikan sambutan peluncuran 5G di The Telkom Hub, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Baca juga: Daftar Smartphone di Indonesia yang Mendukung Jaringan 5G

Hadirnya jaringan 5G membutuhkan perjalanan yang cukup panjang.

Setidaknya butuh waktu sekitar tujuh tahun sejak 4G diluncurkan pada akhir 2014 silam hingga pada akhirnya Telkomsel berhasil menghadirkan jaringan 5G di Indonesia.

"Sejak hadirnya 4G pada tujuh tahun lalu, kini berkat kerja keras dan kerja cerdas seluruh jajaran Telkomsel di tahun 2021 kami melajukan Uji Laik Operasi 5G.

Alhamdulillah setelah melewati berbagai rangkaian proses itu, Telkomsel memperoleh Surat Keterangan Laik Operasi dari Kementerian Kominfo sebagai penanda bahwa Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menjalankan 5G di Indonesia," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Setyanto juga mengatakan bahwa Telkomsel telah melakukan serangkaian uji coba 5G saat gelaran pesta olahraga Asia atau Asian Games 2018.

"Pada saat ajang Asian Games 2018 lalu, Telkomsel melakukan uji coba 5G dengan menghadirkan berbagai Experience mulai dari Virrual Reality hingga Autonomus Bus. Kemudian dilanjutkan pengujian di tahun berikutnya menjajal jaringan generasi kelima tersebut di Batam, Kepulauan Riau," ungkap Setyanto.

Baca juga: Kop Run Indonesia 2021 Digelar Secara Virtual, Pendaftaran Sudah Dibuka Mulai 25 Mei, Ini Biayanya

Dalam peluncuran ini, turut hadir Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Direktur Telkom Indonesia Ririek Adriansyah, Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama, dan jajaran direksi PT Telkomsel.

Sebagai tahap awal, jaringan 5G Telkomsel dihadirkan di enam lokasi residensial yang ada di Jabodetabek meliputi Kawasan Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Kelapa Gading, Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Terdapat pula sembilan lokasi di delapan kota yang juga akan menikmati layanan 5G, di antaranya Medan, Batam, Bandung (dua lokasi di Telkom University dan ITB), Balikpapan, Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

Foto: Peluncuran jaringan 5G di Indonesia oleh Telkomsel bersama Menteri Kominfo dan jajaran direksi PR Telkomsel di Telkom Hub Jakarta, Kamis (27/5/2021). 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini