News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Sandiaga Siapkan Skenario Baru Jika PPKM Darurat Jadi Diperpanjang

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menparekraf Sandiaga Uno.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyiapkan skenario apabila Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat jadi diperpanjang.

Menurutnya, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif paling terpukul dengan adanya kebijakan PPKM darurat.

“Jika PPKM diputuskan untuk diperpanjang tentunya akan kita antisipasi dengan memperkuat program-program pendukung,” jelas Menteri Sandi dalam video conference, Selasa (13/7/2021). 

Program pendukung tersebut antara lain, mendorong secara masif program vaksinasi. Menparekraf menilai vaksinasi mampu menjadi salah satu benteng yang kuat dalam menghadapi Covid-19.

Baca juga: Phuket Thailand Mulai Terima Kembali Wisatawan Internasional, Syaratnya Harus Sudah Divaksin

Beberapa waktu lalu, Kemenparekraf telah meresmikan sentra vaksinasi di Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung, Jawa Barat, yang didukung oleh PHRI dan pemerintah daerah. 

Vaksinasi tersebut dilakukan terhadap 2.000 pelaku parekraf.

Baca juga: Kasus Harian Covid-19 Indonesia Jadi yang Tertinggi di Dunia

“Terkait hal itu, saya mendorong agar PTNP lain dan Badan Otorita juga mengambil inspirasi dari STP Bandung untuk mengajukan tempatnya sebagai sentra vaksinasi. Selain itu, di Gunung Kidul juga terdapat destinasi wisata yang digunakan sebagai sentra vaksinasi, ini merupakan langkah yang cerdas untuk membantu percepatan program vaksinasi,” ujarnya.

Baca juga: Industri Pariwisata Diyakini Cepat Bangkit Pasca Pandemi, Ini Paket Pelesiran yang Bakal Booming

Menparekraf mengatakan langkah kedua adalah perluasan testing, tracing,dan treatment. Kemudian ketiga yaitu penerapan protokol kesehatan yang terus dijalankan secara ketat didukung dengan program sertifikasi CHSE.

“Kemenparekraf sedang berupaya mempercepat proses pendistribusian dana hibah pariwisata yang dianggarkan sebesar Rp3,7 triliun. Dana hibah ini masih dalam tahap proses dan harapannya bisa segera dirampungkan,” tukasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini