News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bandara Halim Perdanakusuma

Bandara Halim Perdanakusuma Direvitalisasi, Citilink Akan Pindahkan Rute Penerbangan

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aktivitas calon penumpang saat menunggu keberangkatan pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (17/12/2020). Bandara Halim Perdanakusuma Direvitalisasi, Citilink Akan Pindahkan Rute Penerbangan

Laporan wartawan Tribunnews, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dalam waktu dekat.

Saat direvitalisasi mantinya untuk penerbangan berjadwal, tidak berjadwal dan kargo yang menggunakan pesawat terbang jet akan berpindah ke Bandara Soekarno-Hatta.

Menanggapi hal tersebut Citilink akan menyiapkan pemindahan rute penerbangan pesawat, terkait adanya revitalisasi yang akan dilakukan di Bandara Halim Perdanakusuma.

Baca juga: Bandara Halim Direvitalisasi, Kemenhub Pindahkan Penerbangan Berjadwal ke Soekarno-Hatta

Direktur Utama PT Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo menyampaikan pihaknya sedang berkomunikasi dengan Kemenhub untuk menyiapkan opsi-opsi pemindahan rute.

“Komunikasi ini terkait dengan pemindahan rute-rute ex inbound dan outbound Bandara Halim Perdanakusuma,” ujar Juliandra, Kamis (30/12/2021).

Menurutnya, Citilink akan melakukan sosialisasi kepada calon penumpang setelah persiapan pemindahan jadwal penerbangan pesawat selesai.

Terkait revitalisasi ini, Kemenhub saat ini masih menunggu proses Peraturan Presiden sehingga memenuhi dasar persyaratan pelaksanaan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto menyebutkan, mengenai aspek-aspek yang harus dipenuhi dalam rangka revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma ini telah dilakukan pembahasan.

Baca juga: Ini Alasan Kemenhub Cabut Larangan Terbang Pesawat Boeing 737 MAX

"Kami melakukan rapat bersama kementerian dan lembaga terkait dalam hal melakukan revitalisasi, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan lancar dan masing-masing menjalankan tugas serta fungsinya," kata Novie.

Ia juga menyebutkan, adapun aspek-aspek tersebut meliputi administratif, angkutan udara, kebandarudaraan, navigasi penerbangan, keamanan penerbangan, serta kelaikudaraan dan pengoperasian pesawat udara. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini