News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pengusaha Perempuan Beri Kontribusi 9,1 Persen Terhadap PDB Indonesia

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Hasil survei Mastercard Index of Women Entrepreneurs tahun 2020 menyebutkan, Indonesia berada pada posisi 20 dari 58 negara secara global

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kontribusi kaum perempuan terhadap perekonomian Indonesia kini makin signifikan seiring dengan pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun.

Hasil survei Mastercard Index of Women Entrepreneurs tahun 2020 menyebutkan, Indonesia berada pada posisi 20 dari 58 negara secara global yang menyediakan kondisi kewirausahaan yang paling mendukung bagi perempuan.

Posisi tersebut naik dari posisi 22 di tahun 2019 menjadi 17 di tahun berikutnya.

Baca juga: Majukan UMKM Perempuan Berbasis Digital, L’Oréal Paris Lakukan Kolaborasi dengan Stellar

Temuan data ini membuktikan bahwa kondisi Indonesia kondusif dalam mendukung ekosistem kewirausahaan perempuan untuk tetap berkembang.

Menurut Margaret Srijaya, pendiri Womanpreneur.id, tantangan menjadi pengusaha bagi wanita adalah pola pikir (mindset), support system, budaya dan adat istiadat, fleksibilitas, dan ketimpangan pada dunia usaha.

“Lingkungan sangat berpengaruh bagi perkembangan kita. Misalnya lingkungan terdekat kita adalah keluarga, yang mendukung kita untuk mandiri secara finansial tentunya bisa maju lebih cepat," ujarnya saat menjadi narasumber webinar Bright Future Festival (BFF) yang diselenggaran Sampoerna University baru-baru ini.

Baca juga: Kang Emil: Jasa Konten Kreator Dibutuhkan Pelaku UMKM untuk Pasarkan Produk

Selain itu budaya juga menjadi tantangan tersendiri. Kita hidup di dalam adat ketimuran yang memberikan batasan terhadap cara kita berpikir.

"Misalnya, kita sebagai perempuan tidak boleh (berperan) lebih besar,” ujarnya

Dari sisi fleksibilitas, tambahnya, perempuan dianggap sebagai sosok yang mampu mengerjakan segala hal. Menjadi terkendala dalam hal pekerjaan seperti membagi waktu di lapangan dan di rumah.

“Sebagai perempuan harus pintar membagi waktu antara pekerjaan dan rumah tangga,” kata dia.

Pengusaha perempuan memberikan kontribusi 9.1 persen pada Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia khususnya UMKM. Sebanyak 43 persen UMKM formal dimiliki oleh perempuan.

Baca juga: Menteri BUMN Dorong Penjualan Produk UMKM Dumai Lewat Bright Mart

Meski demikian, sebanyak 53 persen dari usaha yang dimiliki oleh perempuan masih skala kecil.

"Tiga bidang usaha yang digeluti perempuan di Indonesia adalah kuliner, fesyen dan kriya. Sebanyak 41,69 persen adalah kuliner, 18,15 persen fesyen, dan 15,70 persen kriya,” bebernya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini