News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bandar Udara Soekarno-Hatta Masuk Jajaran 10 Bandara Tersibuk di Dunia Versi OAG

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Bandar Udara Soekarno-Hatta Masuk Jajaran 10 Bandara Tersibuk di Dunia Versi OAG

Laporan wartawan Tribunnews, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) masuk ke dalam jajaran bandara yang tersibuk dan menempati urutan ke-10 menurut Official Airlines Guide (OAG).

Menurut data dari OAG per Januari 2022, Bandara Internasional Soetta menempati peringkat 10 dengan kapasitas kursi penerbangan mencapai 2,82 juta kursi baik itu rute domestik dan internasional.

Menurut OAG pasar penerbangan domestik yang besar membuat Bandara Internasional Soetta berada di dalam daftar 10 bandara tersibuk dunia pada Januari 2022.

Baca juga: Gubernur Banten Minta Satgas Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta Perketat Skrining PPLN

OAG juga merilis rute penerbangan Jakarta - Denpasar dan Jakarta - Makassar juga masuk di dalam daftar 10 rute domestik tersibuk di dunia pada Januari 2022 berdasarkan kapasitas kursi penerbangan.

VP of Corporate Communications Angkasa Pura II (Persero) Hufron Kurniadi mengatakan, meski menjadi bandara yang tersibuk tetapi Bandara Internasional Soetta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Penerapan protokol kesehatan ini, tentunya untuk menjaga kepercayaan terhadap sektor angkutan udara nasional," kata Hufron, Rabu (9/2/2022).

Sektor penerbangan nasional, lanjut Hufron, memiliki peran sangat penting khususnya di Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

"Dan Bandara-bandara Angkasa Pura II bersama stakeholder berkomitmen untuk menjaga konektivitas udara dengan memenuhi seluruh regulasi dan protokol kesehatan yang berlaku di tengah pandemi," kata Hufron.

Baca juga: Viral Pria Ngamuk karena Gagal Terbang di Bandara Kualanamu, AP II: Sudah Sesuai Aturan

Dengan begitu, menurut Hufron, sektor penerbangan nasional dapat berkontribusi optimal terhadap penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional.

Sementar itu menurut Executive General Manager Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta Agus Haryadi, saat ini penumpang pesawat di Bandara Internasional Soetta didominasi oleh penumpang rute domestik.

"Setiap harinya, penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 95 persen merupakan penumpang rute domestik," kata Agus. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini