News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

UMKM Produksi Kopi Diberi Pelatihan untuk Memperluas Pasar

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Semen Gresik (SG)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Semen Gresik yang merupakan unit usaha PT Semen Indonesia (SIG) turut melakukan pembinaan terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Sekretaris Perusahaan SIG Vita Mahreyni mengatakan, perseroan akan mendorong UMKM untuk terus berkembang, sehingga dapat membuka peluang lapangan kerja dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: BLT UMKM Rp 600 Ribu Segera Cair, Cek Penerima BPUM di eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id

“Di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, SIG memiliki tempat dan sarana untuk menunjang kegiatan UMKM, yaitu Rumah BUMN (RB) yang beroperasi sejak Agustus 2020," ujar Vita dalam keterangannya, Kamis (24/2/2022).

Menurutnya, Rumah BUMN tersebut menjadi tempat para pelaku UMKM mengikuti pelatihan, pendampingan untuk proses perizinan.

Baca juga: Perluas Dukungan Bisnis Lokal, ShopeePay Hadirkan Program Semangat UMKM Lokal di Balikpapan

"Selain itu juga sebagai tempat display produk, berjualan serta pusat oleh-oleh hasil UMKM binaan,” ujar Vita.

Vera Damayanti yang merupakan pemilik usaha kopi UD Cangkir di Kabupaten Rembang telah mendapat pendampingan, pelatihan serta mentoring.

Vera mengaku setelah bergabung menjadi mitra PT Semen Gresik, usahanya semakin berkembang.

"Banyak manfaat yang telah kami terima, di antaranya mendapatkan pendampingan, pelatihan pemasaran melalui IT, sharing serta konsultasi dengan mentor yang kapan pun bisa dilakukan jika ada masalah dengan usaha yang dijalankan," papar Vera.

Menurut Vera, omzet dari usaha dibidang kopi bisa mencapai hingga Rp180 juta per bulan dan mampu membuka lapangan kerja bagi warga yang ada disekitarnya.

Aaat ini UD Cangkir memproduksi 4 ton kopi jenis Robusta dan Arabica setiap bulannya dengan melibatkan 10 orang karyawan.

"Produknya dijual di berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta, Kalimantan hingga Sumatera dengan melibatkan 300 reseller sebagai mitra penjualan," paparnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini