News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Harga Minyak Goreng

Ekspor Bahan Baku Minyak Goreng Dilarang Mulai Besok, Bisa Gerus Neraca Perdagangan dan PNBP 

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Minyak goreng

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, ada harga yang harus dibayar dari pelarangan ekspor bahan baku minyak goreng per 28 April 2022. 

"Ini diperkirakan semakin menggerus kinerja neraca dagang dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)," ujar dia melalui risetnya, Rabu (27/4/2022). 

Selain itu, dampaknya sudah cukup terlihat dengan penurunan performa saham energi dalam negeri, yang turun sebesar minus 5,26 persen dalam sepekan melalui indeks sectoral IDX Energy.

Baca juga: Wapres: Larangan Ekspor Minyak Goreng untuk Kepentingan Masyarakat

Di sisi lain, pesona komoditas batubara yang menjadi primadona juga perlahan terkikis, seiring dengan membaiknya pasokan dari produsen besar China dan India. 

Hal ini dilakukan negara tersebut untuk kembali menaikkan pasokannya agar tidak bergantung impor yang harganya sudah sangat tinggi, di mana menaikkan pengeluaran, sehingga kebijakan meningkatkan produksi menjadi jalan yang ditempuh. 

Tercatat produksi batubara China tumbuh sebesar 10,3 persen year on year (yoy) mencapai 1,08 miliar ton pada kuartal I 2022 dengan penurunan impor sebesar 24,2 persen yoy. 

Pada saat sama, produksi India tumbuh sebesar 8,6 persen yoy mencapai 777,2 juta ton batu bara dengan penurunan impor hingga 16,4 persen.

Baca juga: Larangan Ekspor Bahan Baku Minyak Goreng Diterapkan Sampai Harga Stabil Rp14.000 Per Liter

"Pasokan global pun berpeluang lebih longgar dengan kenaikan produksi kedua negara tersebut," pungkas Nico.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini