News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pentingnya Program Mentoring dan Workshop dalam Mendorong Pertumbuhan UMKM Lokal

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi UMKM digital. Saat ini banyak konsep bisnis yang dilirik para pebisnis tanah air untuk meningkatkan penjualannya dan mencapai target pasar.

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini banyak konsep bisnis yang dilirik para pebisnis tanah air untuk meningkatkan penjualannya dan mencapai target pasar.

Sementara itu, minat konsumen terhadap model bisnis Direct to Customer (D2C) brand diperkirakan akan terus meningkat tidak hanya secara global, namun juga di tanah air.

Lalu apa itu D2C Brand ?

Dikutip dari laman www.techtarget.com, Sabtu (25/2/2023), D2C brand merupakan model bisnis yang melakukan penjualan secara langsung kepada konsumen tanpa bantuan perantara seperti reseller atau dropshipper.

Baca juga: Lima Cara Mengirim Paket Besar ala Tokopedia, UMKM Wajib Catat!

Di Indonesia, porsi pasar D2C masih kurang dari 1 persen dari keseluruhan pasar e-commerce.

Namun model bisnis ini memiliki tingkat pertumbuhan besar, didorong oleh luasnya target audience, naiknya jumlah pembeli online, tingginya pendapatan per kapita dalam negeri, serta banyaknya perusahaan kapitalis ventura yang mulai memberi dukungan modal pada perusahaan rintisan D2C lokal.

Melihat besarnya potensi ini, pada 22 Februari 2023 Kino Indonesia meluncurkan Kinovation, program akselerator yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan brand D2C lokal di Indonesia.

CEO Kino Indonesia, Sidharta Oetama mengatakan bahwa di era digital seperti saat ini, Kino meyakini bahwa brand D2C lokal memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing dengan brand ritel maupun brand global, selama mereka bisa menjaga konsistensi kualitas serta memiliki strategi marketing dan distribusi yang kuat.

"Program akselerator Kinovation merupakan wujud komitmen Kino dalam mendukung perkembangan brand lokal serta UMKM di Indonesia," kata Sidharta, dalam keterangannya, Kamis (24/2/2023).

Ia pun berharap program ini bisa menjadi jembatan bagi para pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan para pemain industri yang ahli di bidang masing-masing.

Baca juga: Media Pintar Perjuangan Dorong UMKM Milik Kader PDIP Naik Kelas

"Sehingga membuka peluang kerja sama ke depannya," tegas Sidharta.

Perlu diketahui, program ini menghadirkan bootcamp intensif berdurasi satu bulan yang menggandeng banyak pemain industri dari berbagai sektor termasuk e-commerce, ritel, serta media digital.

Nantinya, selama menjalani program akselerator Kinovation, para peserta akan mendapatkan sesi mentoring 1-on-1 dengan pemain industri, kunjungan kantor, serta workshop yang akan membuka berbagai kesempatan kolaborasi bisnis antara peserta dengan para ahli industri.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini