News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Soal Agenda Pertemuan Elon Musk dengan Menko Luhut, Erick Thohir: Saya Belum Dapat Kabar

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri BUMN Erick Thohir saat ditemui di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (28/10/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B Pandjaitan dikabarkan akan menemui pendiri Tesla Inc dan Space X, Elon Musk yang akan datang ke Indonesia pada Oktober 2023.

Namun diketahui saat ini Menko Luhut masih menjalani perawatan dan istirahat yang cukup lama. Pasalnya, Luhut tengah sakit sejak awal Oktober 2023.

Dan untuk saat ini, posisi Menko Marves digantikan sementara oleh Erick Thohir.

Baca juga: Luhut Jawab Isu Mundur dari Jabatan Menteri: Saya Tetap Akan Loyal ke Pak Jokowi

Lantas, Erick Thohir akan menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan untuk bertemu Elon Musk?

Erick mengaku, dirinya belum mendapatkan detail kabar terkait adanya agenda pertemuan dengan Elon Musk.

"Belum tahu saya, belum dapat kabar. Saya masih menunggu," ucap Erick saat ditemui di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (28/10/2023).

Namun, pada kemarin (27/10/2023) dirinya sebagai Ad Interim Menko Marves telah mendampingi Presiden Joko Widodo menerima jajaran pimpinan BYD di Istana Merdeka.

BYD sebagai perusahaan manufaktur kendaraan listrik terbesar di dunia melihat potensi besar Indonesia dan berminat untuk menjajaki kerja sama pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik dan energi hijau di tanah air.

Baca juga: Jubir Bantah Kabar Luhut Mundur: Tidak Benar, Kondisinya Sangat Baik

"Yang pasti saya ketemu BYD kemarin perusahaan mobil listrik terbesar di dunia dan mudah-mudahan sangat tertarik berinvestasi di Indonesia," papar Erick.

"Apalagi kemarin salah satunya kita bisa menjadi juga pusat untuk produksi mobil listrik untuk setir kanan, karena kan kita cukup besar populasinya," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menko Marves Luhut B Pandjaitan menjelaskan, pendiri Tesla Inc dan Space X, Elon Musk akan datang ke Indonesia pada Oktober 2023.

Tujuan kedatangan salah satu orang terkaya di dunia ini tak lain membahas kelanjutan pembangunan jaringan internet murah di Indonesia.

Baca juga: Kondisi Kesehatan Luhut Membaik, Bahlil Bantah Kabar Menko Marinves akan Mundur dari Kabinet Jokowi

"Kita lihat nanti, kalau deal-nya selesai kita harapkan Oktober (Elon Musk datang ke Indonesia). (Kedatangannya) untuk Starlink," ujar Luhut (6/9/2023), seperti dikutip Kompas.

Sementara mengenai Tesla, lanjut Luhut, Elon Musk masih belum memutuskan untuk berinvestasi di negara manapun, termasuk Indonesia.

"Tesla ya itu tadi tidak akan invest di mana saja, bukan hanya di Indonesia saja. Kalau di Malaysia, mereka hanya buka untuk jualan mobil Teslanya saja," katanya.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini pun tetap menyangkal jika perusahaan otomotif ternama di Amerika Serikat (AS) tersebut batal berinvestasi ke Indonesia.

"Enggak juga (Tesla batal investasi ke Indonesia). Dia tetap melihat Indonesia sebagai prioritas," ujar Luhut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini