News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jumlah WNI Domisili di Jepang per Desember 2023 Sebanyak 122.028 Orang

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para pemagang Indonesia baru datang di Bandara Internasional Haneda Tokyo Jepang belum lama ini.

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Jumlah warga Indonesia (WNI) yang berdomisili di Jepang saat ini per Desember 2023 menurut direktorat jenderal imigrasi Jepang sebanyak 122.028 orang atau 3,8 persen dari jumlah orang asing yang berdomisili di Jepang.

"Saat ini ada 122.028 WNI yang berdomisili di Jepang atau sekitar 3,8% dari orang asing yang ada di Jepang," ungkap sumber Tribunnews.com Jumat (22/12/2023).

Dari jumlah tersebut diperkirakan 5% sudah overstay (OS) atau ilegal berada di Jepang dan bersama pihak kepolisian sedang mendeteksi keberadaan mereka, sekaligus untuk menekan jumlah kriminalitas yang dilakukan para warga asing yang ada di Jepang, terutama kriminalitas dilakukan warga Vietnam di Jepang, tambahnya.

Baca juga: Jumlah Pemagang Indonesia di Prefektur Miyagi Jepang Capai 1.041 Orang

Jumlah terbanyak warga asing di Jepang berasal dari China sebanyak 788.495 orang. Berikutnya dari Vietnam Korea Filipina Brazil dan Nepal. Barulah Indonesia jumlah terbanyak ke-7.

Kebanyakan dari warga asing tersebut telah memiliki status tetap atau Permanent Residence (27,3%) di Jepang. Kemudian pemagang dan pelajar 9,5%.

Di bidag pemagangan yang dikategorikan resmi ada 12 bidang di Jepang, 8 bidang di antaranya telah dimasuki dan diperbolehkan pekerja dari Indonesia.

Bidang keperawatan dan penopang lansia dikategorikan pertama dan paling banyak pemagangnya dari berbagai negara. Jumlahnya mencapai 76,898 orang per Juni 2023.

Dari Indonesia saja diperkirakan sekitar 6000 orang saat ini bekerja di bidang keperawatan dan penopang lansia berada di Jepang.

Bidang lain yang telah dimasuki pekerja (pemagang) dari Indonesia adalah bidang pembersihan gedung (Building Cleaning).

Bidang ketiga adalah Materials/Industrial Permesinan/ Electrical dan informasi electronic terkait industri manufaktur. Di bidang ini juga sudah ada pemagang dari Indonesia memasuki dan bekerja di sana.

Bidang keempat yang sudah ada pemagang Indonesia adalah kategori penginapan seperti hotel dan sebagainya. yang resmi dibuka dan sudah ada pemagang Indonesianya.

Baca juga: Pemagang Indonesia Ditangkap Polisi Dicurigai Membobol Rumah Wanita di Kagoshima Jepang

Bidang kelima adalah Pertanian yang banyak sekali pemagang dari Indonesia membantu para petani Jepang saat ini.

Bidang keenam adalah perikanan juga telah resmi dibuka dan telah ada pekerja dari Indonesia di sana.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini