News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dukung Digitalisasi BPR/BPRS, Ditjen Dukcapil Kemendagri Diganjar Penghargaan

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) mendapat penghargaan Certificate of Acknowledgement dari Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) mendapat penghargaan Certificate of Acknowledgement dari Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo).

Penghargaan tersebut diberikan Ketua Umum Perbarindo Tedy Alamsyah kepada Dirjen Dukcapil Teguh Seyabudi dalam Rakornas Perbarindo di Jakarta.

Baca juga: Bank Indonesia Libatkan Perbarindo Edukasi Bangga Bertransaksi Pakai Rupiah

Teguh menyampaikan, pihaknya sangat mendukung upaya perimpunan BPR dan BPRS menerapkan digitalisasi layanan perbankan bagi sekitar 1.584 anggotanya. Langkah digitalisasi dengan menggunakan identitas kependudukan digital (IKD) dalam layanan perbankan di BPR/BPRS dinilai sebagai langkah berani untuk bersaing dalam industri perbankan.

"BPR saja siap terapkan digitalisasi antara lain menggunakan identitas kependudukan digital dalam layanan perbankan. Artinya, BPR siap bersaing dengan siapapun. Ini sangat membanggakan," kata Teguh saat memberikan Keynote Speech sekaligus membuka acara Rakornas Perbarindo, sebagaimana keterangan tertulis, Minggu (10/3/2024).

Baca juga: Perbarindo Luncurkan Pemanfaatkan Identitas Kependudukan Digital di BPR dan BPRS

Menurut Teguh, tema Rakornas Perbarindo sangat relevan dengan tantangan industri BPR atau BPRS di era digital saat ini. Digitalisasi penting agar Perbarindo mampu bersaing dengan bank umum maupun lembaga keuangan yang lain.

"Ini pun penting karena banyaknya informasi sensitif seperti data pribadi konsumen yang disimpan dan ditransfer secara elektronik, menjadikan tantangan keamanan informasi dalam bisnis modern semakin kompleks. Karena itu, perlindungan data pribadi menjadi suatu keharusan yang tak bisa diabaikan," ujarnya.

Baca juga: Perbarindo Serahkan Bantuan Modal Kerja untuk Korban Gempa Cianjur

Kemudahan akses data kependudukan ini sangat bermanfaat bagi pihak bank dalam mempercepat proses pembukaan rekening nasabah dan mempercepat proses pemberian kredit.

Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara Ditjen Dukcapil dan lembaga keuangan dalam mewujudkan inklusi keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Kemudahan akses data kependudukan yang disediakan oleh Ditjen Dukcapil membantu lembaga keuangan dalam memberikan layanan yang lebih cepat, mudah, dan aman kepada masyarakat.

"Penghargaan diberikan atas atas dukungan dan kontribusi Ditjen Dukcapil yang sangat berharga terhadap digitalisasi industri BPR dan BPRS," ujar Ketua Umum Perbarindo Tedy Alamsyah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini