News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Stasiun Kereta Cepat Karawang Beroperasi Awal 2025, Tunggu Buka Akses Tol Japek Km 42

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Stasiun Karawang akan beroperasi di awal 2025 dan akan dikelola oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Stasiun Karawang akan beroperasi di awal 2025 dan akan dikelola oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Saat ini prosesnya tinggal menunggu akses ke Stasiun Karawang dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) rampung terbangun.

Kementerian PUPR sedang menyiapkan pembangunan exit Km 42 jalan tol Jakarta Cikampek (Japek) yang langsung menuju kawasan Stasiun Karawang.

Akses dari Tol Japek tersebut tengah dalam tahap pembebasan lahan dan rencananya pembangunan dilakukan tahun ini sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional.

"(Stasiun Karawang) sudah (siap). Tinggal tunggu aksesnya saja," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal kepada wartawan di Jakarta, dikutip Sabtu (27/7/2024).

Menurut dia, dengan dioperasikannya Stasiun Karawang, masyarakat bisa pergi ke Karawang dari Jakarta dengan durasi hanya sepanjang 11 menit.

Stasiun Kereta Cepat Karawang juga disebut Risal tak akan berpengaruh terhadap waktu tempuh Whoosh.

"Kan memang 4 stasiun direncanakan. Halim, Karawang, Padalarang, Tegalluar," ujar Risal. Sebelumnya, KCIC mengungkap akan mengoperasikan Stasiun Karawang di awal tahun 2025 untuk layanan naik turun penumpang.

Saat ini, Stasiun Karawang baru dioperasikan untuk melayani pengaturan perjalanan kereta.

Pendinasan petugas untuk on call emergency juga telah berjalan beserta seluruh perangkat lain seperti diantaranya petugas pengamanan dan kebersihan.

"Untuk dapat mengoperasikan Stasiun Karawang melayani naik turun penumpang, persiapan jalan akses menjadi salah satu faktor penting," kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa, Jumat (26/7/2024).

Baca juga: Stasiun Karawang untuk Dilalui Whoosh Bakal Beroperasi Awal 2025

Saat ini KCIC tengah menyiapkan akses dari kawasan trans heksa Karawang (THK) dan Deltamas untuk menuju stasiun Karawang.

Nantinya, akan ada akses sepanjang sekitar 1,5 km dari THK dan Deltamas menuju Stasiun Karawang.

Saat ini, akses tersebut sedang dalam tahap akhir pembebasan lahan untuk selanjutnya memasuki tahapan persiapan konstruksi.

Akses lainnya yang sedang dipersiapkan datang dari Kementerian PUPR, yaitu pembangunan exit KM 42 jalan tol Jakarta Cikampek yang langsung menuju kawasan Stasiun Karawang.

Baca juga: Tujuh Kereta Jarak Jauh Berhenti di Stasiun Jatinegara dan Stasiun Karawang

Dengan adanya beragam akses tersebut, Stasiun Karawang disebut akan terkoneksi dengan berbagai kawasan industrial, perkotaan, dan pusat perbelanjaan.

KCIC juga terus melakukan komunikasi dengan berbagai provider penyedia layanan transportasi untuk memenuhi kebutuhan konektivitas antar moda dari dan menuju stasiun Karawang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini