News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Badai PHK

Badai PHK Masih Berlanjut, ASPEK Sebut Sektor-sektor yang Bakal Terkena

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi: Massa buruh dari berbagai organisasi melakukan aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. ASPEK Indonesia Mirah Sumirat mengungkap bahwa Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di sejumlah sektor industri masih berlanjut.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia Mirah Sumirat mengungkap bahwa Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di sejumlah sektor industri masih berlanjut.

Ia mengatakan, PHK masih terus terjadi di sektor commerce dan retail seperti supermarket, kemudian di sektor pos dan logistik, serta perbankan.

"Kemudian di sektor media, telekomunikasi, otomotif, elektronik itu masih banyak yang terjadi PHK," katanya ketika dihubungi Tribunnews, Selasa (30/7/2024).

Baca juga: Daftar Startup Lakukan PHK, Ada yang Gelombang Kedua, Kapan Berakhirnya?

Ada satu industri juga yang para perusahaannya masih melakukan PHK pada pekerjanya, yaitu tekstil. Dia bilang, PHK yang terjadi di industri tekstil terjadi dalam jumlah yang besar.

"Industri tekstil melakukan PHK besar-besaran karena muncul Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 8 Tahun 2024 terkait impor itu. Itu pemicunya," ujar Mirah.

Terkait dengan PHK di industri telekomunikasi, ia mengatakan kehadiran Starlink milik Elon Musk di Indonesia berpotensi menjadi pemicu PHK ribuan pekerja.

Jika Starlink dieksekusi secara serius, pekerja telekomunikasi dalam negeri bisa kena PHK.

"Kemungkinan besar kalau Starlink ini serius dieksekusi di Indonesia, akan ada puluhan ribu pekerja telekomunikasi ter-PHK karena Starlink itu," ucap Mirah.

Sementara itu, jika di industri otomotif, ia menilai PHK bisa lebih masif lagi jika penggunaan kendaraan berbasis listrik benar-benar diwajibkan.

"Belum lagi nanti mobil listrik betul-betul harus diwajibkan misalnya, itu lebih dahsyat lagi pekerja otomotif yang enggak berbasis listrik itu akan di-PHK," ujar Mirah.

Baca juga: Zulhas Ogah Disalahkan Permendagnya Bikin PHK Massal, Lempar Bola Panas ke Menperin hingga Jokowi

Ia menegaskan bahwa badai PHK yang tengah terjadi ini sangatlah luar biasa. Prediksinya, hingga Desember 2024 masih akan terjadi PHK.

Mirah pun memandang badai PHK yang masih akan terus terjadi ini akan menjadi satu beban tersendiri bagi pemerintahan yang baru.

Oleh karena itu, ia berharap pemerintahan yang baru bisa segera menyerap masukan-masukan yang komprehensif, positif, dari serikat pekerja.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini