News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Soal Kabar Reshuffle Menteri ESDM, Arifin Tasrif: Kalau Benar Kenapa?

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif disebut-sebut akan direshuffle.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menanggapi perihal kabar reshuffle di kabinet pemerintahan Jokowi-Maruf Amin yang belakangan santer beredar.

Jokowi dikabarkan akan menunjuk nama baru untuk mengisi kursi Menteri ESDM pada Rabu besok, 1 Agustus 2024.

Ketika ditanya kepastiannya terkait kabar tersebut, Arifin hanya meminta publik untuk menunggu. "Ya tungu aja," ungkap Menteri Arifin kepada awak media di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Lantaran jawaban tersebut tak memberikan kepastian, sejumlah awak media kembali meminta penegasan.

Namun, lagi-lagi Arifin melontarkan pernyataan yang tak tegas, yakni sambil berkelakar. "Kalau benar kenapa?" pungkas Arifin yang kemudian berhenti melayani pertanyaan wartawan.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan belum mengetahui ihwal pergantian menteri atau reshuffle menteri ESDM.

"Wah saya belum tahu itu," kata Airlangga kepada wartawan di Gedung Ali Wardhana, Selasa (30/7/2024).

Mengutip Kompas, Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menyatakan, belum ada kabar rencana perombakan (reshuffle) kabinet oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (30/7/2024) besok.

Hal ini disampaikan Yusuf merespons kabar yang menyebutkan akan adanya perombakan kabinet oleh Jokowi dalam waktu dekat.

Baca juga: Respons Airlangga soal Isu Jokowi Bakal Gelar Reshuffle Menteri Besok

"Kami belum mendengar hal tersebut," kata Yusuf kepada wartawan, Selasa (30/7/2024). Kendati demikian, Yusuf menegaskan bahwa perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden.

Yusuf juga memastikan, Jokowi bakal kembali ke Jakarta pada Selasa sore hari ini setelah dua hari berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca juga: Jokowi Akui Bertemu Para Ketua Umum Parpol Akhir Mei Lalu, Bahas Reshuffle?

"Pergantian menteri adalah hak prerogatif presiden," kata dia. Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana juga membantah akan ada perombakan kabinet di IKN hari ini. Senada dengan Yusuf, Ari juga menyebutkan bahwa belum ada rencana atau agenda reshuffle kabinet yang akan dilakukan Jokowi.

"Tidak betul. Sampai saat ini belum ada rencana/agenda reshuffle kabinet. Tidak ada agenda pelantikan menteri baru di IKN seperti isu-isu yang beredar," kata Ari Dwipayana kepada wartawan, Selasa.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini