News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Naik 350 Persen, SeaBank Bukukan Laba Sebelum Pajak Kuartal II 2024 Sebesar Rp204 Miliar

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

SeaBank tetap konsisten menjalankan prinsip kehati-hatian dalam pertumbuhan penyaluran kredit yang meningkat.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank Seabank Indonesia terus mempertahankan tren bisnis positif setelah pada kuartal II-2024berhasil mencatat laba sebelum pajak sebesar Rp204 miliar.

Capaian laba sebelum pajak ini naik 350 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu mengutip laporan keuangan di situs resmi perusahaan.

Pada kuartal II 2024, SeaBank juga mencatatkan nilai aset sebesar Rp31 triliun, atau meningkat 11 persen jika dibandingkan dengan jumlah aset di Desember tahun lalu.

Peningkatan tersebut disumbang oleh keberhasilan SeaBank menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) yang tumbuh sebesar 13 persen. Tren positif ini juga tergambar dari jumlah nasabah SeaBank yang sudah mencapai sekitar 13 juta nasabah di periode yang sama.

Baca juga: Kinerja Positif SeaBank di 2023: Tembus 10 Juta Nasabah dan Raih Laba Rp241,47 Miliar

Untuk kinerja penyaluran kredit, SeaBank berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp18 triliun hingga akhir Juni tahun ini. Meski demikian, manajemen berhasil menjaga rasio NPL yang tetap terjaga di angka 1.98 persen hingga akhir kuartal II.

Perusahaan menyatakan tetap konsisten menjalankan prinsip kehati-hatian dalam pertumbuhan penyaluran kredit yang meningkat tersebut.

Rata-rata transaksi harian nasabah SeaBank juga memperlihatkan performa positif. Tercatat, terdapat 3 juta transaksi dengan jumlah perputaran uang mencapai Rp2 triliun.

Jumlah transaksi tersebut berasal dari ekosistem layanan digitalnya, seperti pembayaran pulsa, listrik, multifinance, transfer rekening keluar-masuk, QRIS dan berbagai fasilitas lainnya.

Direktur Utama SeaBank Indonesia, Sasmaya Tuhuleley mengatakan capaian positif perusahaan di semester I-2024 membuktikan keberhasilan manajemen dalam menjalankan strategi bisnis yang tepat.

“SeaBank berkomitmen menghadirkan inovasi dalam strategi bisnis perbankan. Kinerja bank yang baik terlihat dalam capaian kuartal II 2024, yang terus menunjukkan tren positif. Meski demikian, kami tetap memegang prinsip kehati-hatian dalam seluruh aktivitas usaha SeaBank," ujarnya dikutip Kamis, 8 Agustus 2024.

Pihaknya optimistis SeaBank akan terus melaju di sisa tahun ini dan memberikan ekosistem layanan terbaik ke nasabah.

Menurut Sasmaya, SeaBank saat ini menjadi bank yang terbanyak dipilih oleh Gen Z Indonesia berdasar hasil survei Populix pada bulan Juli 2024. Menurut Populix, Seabank memiliki market share 57 persen.

Survey tersebut menjelaskan beberapa layanan digital SeaBank menjadi fitur favorit bagi kalangan nasabah. Layanan isi ulang e-wallet, transfer antar bank, berbelanja di e-commerce atau platform online, serta transfer antar rekening, menjadi contoh layanan favorit nasabah.

Survei menunjukkan terdapat berbagai faktor penting yang memengaruhi keputusan responden dalam memilih bank digital.

Biaya admin dan biaya transfer yang rendah memengaruhi 56 persen responden, program promosi, diskon atau cashback 52 persen, keamanan bank 50 persen, desain aplikasi yang mudah digunakan 49 persen, hingga fleksibilitas dalam transaksi sehari-hari mengambil 47 persen dari keputusan responden.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini