News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dorong Pertumbuhan UMKM Kuliner, GoFood Konsisten Hadirkan 3 Program Andalan Ini Melalui KOMPAG!

Penulis: Yosephin Pasaribu
Editor: Anniza Kemala
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Melalui KOMPAG, GoFood, penyedia layanan pesan-antar makanan dari Gojek menunjukkan komitmennya untuk berjuang mendorong UMKM naik kelas, khususnya di bidang kuliner.

TRIBUNNEWS.COM - Sebagai salah satu pilar penting bagi perekonomian bangsa, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memainkan peran krusial dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Dilansir dari publikasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, sektor UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61 persen atau senilai dengan Rp9.580 triliun per Agustus 2023. Lebih dari itu, UMKM turut berkontribusi dalam penyerapan tenaga kerja yang mencapai 97 persen dari total tenaga kerja.

Sayangnya, meskipun UMKM telah menunjukkan perannya dalam menyokong perekonomian nasional, mereka masih menghadapi berbagai tantangan di era digital saat ini, termasuk kurangnya literasi digital.

Hal ini selaras dengan temuan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) yang menunjukkan bahwa kurangnya keterampilan dalam menggunakan platform digital menjadi tantangan bagi 83,46 persen pelaku usaha. 

Komitmen GoFood dorong pertumbuhan UMKM kuliner

Dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional, GoFood, penyedia layanan pesan-antar makanan dari Gojek kembali menegaskan komitmennya untuk berjuang mendorong UMKM naik kelas, khususnya di bidang kuliner.

Upaya ini diwujudkan melalui berbagai program yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan digital para pelaku UMKM yang tergabung dalam Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). 

Sejak didirikan pada tahun 2019, KOMPAG telah berkembang menjadi salah satu komunitas pelaku UMKM digital terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 212.000 anggota aktif yang tersebar di 80 kota.

“Lima tahun berlalu, KOMPAG telah tumbuh menjadi salah satu komunitas pelaku UMKM kuliner terbesar se-Indonesia. Jumlah anggota kami telah meningkat hampir 4,5 kali lipat, yang mana hal Ini menunjukkan adanya minat yang tinggi di antara para pelaku UMKM digital untuk mencari ilmu serta relasi melalui keikutsertaan dalam komunitas,” kata Felicia Natalie Wijaya selaku Head of Merchant Marketing Gojek.

Guna mengakomodir tingginya minat tersebut, GoFood pun secara konsisten menghadirkan tiga program andalan KOMPAG di tahun 2024 ini.

Yang pertama adalah Webinar NGOPI. Program ini merupakan sesi berbagi ilmu secara online yang menghubungkan para pelaku usaha untuk saling berbagi tips dan strategi dalam mengembangkan bisnis kuliner mereka. Program ini diadakan secara rutin dua kali dalam sebulan. 

Selanjutnya, ada KOMPAG Kopdar yang merupakan pertemuan tatap muka antara Mitra Usaha GoFood dan manajemen GoFood. Program ini menjadi platform networking bagi para pelaku usaha untuk memperluas jaringan bisnis mereka.

Ketiga dan yang terbaru, ada program Pojok Belajar yang merupakan sesi berbagi ilmu dan pengalaman secara tatap muka langsung dan lebih intensif antar Mitra Usaha GoFood. Diadakan mulai awal tahun 2024, Pojok Belajar telah aktif diadakan sebulan sekali di enam kota, yaitu Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Solo, dan Denpasar.

Baca juga: UMKM Kuliner Tumbuh Bersama Komunitas Partner GoFood KOMPAG, Ini Caranya!

Berdampak positif bagi kesejahteraan UMKM kuliner

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini