News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemindahan Ibu Kota Negara

Jaringan Telekomunikasi di IKN Dinyatakan Siap Dukung Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

SKLU untuk pengisian daya kendaraan listrik di IKN.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan jaringan telekomunikasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah siap untuk mendukung penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79.

Dalam penyediaan jaringan telekomunikasi di IKN pemerintah mendapat dukungan penuh PT Telkom Indonesia Tbk.

“Kami pastikan jaringan telekomunikasi di IKN siap menjelang upacara Hari Kemerdekaan RI. Masyarakat di Kalimantan Timur maupun daerah-daerah lainnya dapat mengikuti upacara di IKN melalui siaran langsung,” ucap Budi Arie di Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Telkom sebagai pemegang hak perlintasan dan anak usahanya, Telkomsel, telah melakukan inagurasi (rehearsal) infrastruktur telekomunikasi di IKN.

Penyedia layanan jaringan telekomunikasi telah melakukan pengujian aspek konektivitas dengan fiber optik dan seluler maupun aspek catuan listrik.

“Ketersediaan jaringan telekomunikasi memadai ini sejalan dengan konsep smart city IKN menuju Smart, Green dan Sustainable City yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo,” kata Menkominfo.

Operator seluler lain juga telah menyediakan layanan telekomunikasi dengan infrastruktur sementara di  IKN.

"Layanan komunikasi dari operator seluler lainnya bersifat darurat dan sementara, baik dengan mobile BTS maupun fiber optik aerial untuk melayani beberapa lokasi proyek pada masa konstruksi maupun acara tertentu, misalnya upacara HUT RI 17 Agustus," kata Menkominfo.

Baca juga: Pemerintah Todong Pengusaha Bangun Toko Ritel Modern di IKN: Orang Butuh Makan dan Minum

Dia berharap layanan telekomunikasi dengan infrastruktur yang masih bersifat sementara dapat bermigrasi secara bertahap dengan dukungan sharing infrastruktur oleh Telkom Group.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini