News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Viral Tangki Avtur Pesawat Garuda Bocor Saat Akan Terbang, Ini Penjelasan Irfan Setiaputra

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Viral di media sosial terkait adanya kebocoran pada tangki bahan bakar pesawat Garuda Indonesia sebelum take off.

Adanya hal tersebut, Manajemen Garuda Indonesia membenarkan bahwa kejadian yang dimaksud terjadi pada armada miliknya.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan, ini terjadi lantaran ada tumpahan atau luapan bahan bakar avtur di salah satu sisi bagian pesawat.

Baca juga: Garuda Indonesia Umrah Travel Fair 2024 Resmi Dibuka, Proyeksikan Angkut hingga 21.000 Penumpang

Adapun, armada yang dimaksud merupakan pesawat penerbangan GA-174 rute Jakarta - Pekanbaru dengan jadwal keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 11.50 WIB.

Irfan membeberkan, temuan tersebut diketahui oleh Pilot in Command (PIC) pada saat sedang melakukan prosedur rutin verifikasi jumlah isian avtur di dalam pesawat sebagai bagian dari kesiapan akhir awak pesawat sebelum melakukan proses take off.

Prosedur tersebut merupakan bagian dari manual tatalaksana safety sebelum pesawat lepas landas.

"Setelah mengetahui adanya temuan tersebut yang juga didukung oleh laporan visual dari salah satu penumpang, maka dengan mengedepankan fokus aspek keselamatan dan safety, PIC segera mengambil keputusan untuk pesawat Return to Apron," ucap Irfan dalam pernyataannya, Sabtu (24/8/2024).

"Hal ini guna melakukan inspeksi secara menyeluruh terkait temuan indikasi tumpahan atau luapan bahan bakar tersebut," sambungnya.

Irfan melanjutkan, para penumpang GA-174 yang berjumlah 135 orang, telah diterbangkan kembali dengan pesawat pengganti PK-GMM pada pukul 14.00 WIB dan tiba pada pukul 15.45 WIB.

Diberitakan sebelumnya, video viral dugaan kebocoran pada tangki bahan bakar pesawat Garuda, Sabtu (24/8/2024).

Dalam unggahan video yang diunggah oleh Kunto Aji, terlihat pesawat hendak take off, namun batal lantaran terjadi kebocoran di bagian sayap pesawat.

"Nyawa gw baru aja diselamatkan, Alhamdulillah masih ada umur, ketahuan, puter balik gajadi terbang. Serem banget ini," tulis Kunto Aji yang menuai berbagai respon pengguna X.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini