News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jamin Kehalalan Produk Daging, Wapres Tekankan Pentingnya Sertifikasi Juru Sembelih

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menegaskan pentingnya sertifikasi Juru Sembelih Halal (Juleha) di Rumah Potong Hewan (RPH) dan Rumah Potong Unggas (RPU).

Wapres menilai hal tersebut untuk memastikan kehalalan daging yang dikonsumsi masyarakat.

“Saya menyerahkan (Sertifikat) ‘Juleha’, Juru Sembelih Halal, namanya Juleha bersertifikat. Sejumlah seratus penerima, dan akan diteruskan lagi, supaya nanti tidak ada masalah dengan penyediaan daging,” ungkap Wapres di Bangka Belitung (Babel), Selasa (10/09/2024).

Wapres menekankan pentingnya sertifikasi ini untuk memberikan rasa aman kepada konsumen serta memastikan produk yang dikonsumsi memenuhi syariat agama.

“Jadi di mana-mana teman-teman lihat, ini ada Juleha yang bersertifikat yang memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa daging-daging yang dijual di pasar-pasar itu halal,” lanjutnya.

Menurut Wapres, kepastian tentang kehalalan suatu produk, khususnya makanan, sangat berpengaruh pada kepercayaan konsumen terhadap pedagang.

Baca juga: Kisah Suparno 15 Tahun Jadi Juru Sembelih Halal, Sehari Layani 4 Kali Tempat Pemotongan Hewan Kurban

“Saya kira itu penting. Itu menenteramkan. Kalau tidak nanti (Dikhawatirkan daging) ini halal atau tidak,” pungkas Wapres.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini