News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dataniro Luncurkan AYU, Solusi UMKM Berbasis Chat Semudah Ngobrol di WhatsApp

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dataniro AYU

TRIBUNNEWS.COM - Menghadapi tantangan untuk bertahan dan berkembang di pasar yang kompetitif sering menjadi hambatan bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Kini hadir Dataniro, startup Generative AI berbasis website yang diciptakan khusus untuk memberikan solusi cerdas bagi UMKM di Indonesia. Berbeda dengan mesin pencarian tradisional seperti Google, Dataniro menamakan dirinya sebagai Research Engine, yang fokus menyediakan rekomendasi bisnis dan operasional berdasarkan analisis mendalam dan teknologi AI.

Dataniro menawarkan solusi cerdas bagi UMKM di berbagai tahap bisnis. Bagi yang baru memulai, dapat membantu menemukan ide bisnis yang relevan dan sesuai modal, sementara bagi UMKM yang sudah berjalan, dapat memberikan rekomendasi supplier terpercaya serta template SOP yang dapat langsung diterapkan untuk meningkatkan efisiensi operasional. Dengan pendekatan berbasis chat, pengguna dapat dengan mudah mengakses semua informasi ini seolah sedang berbincang dengan teman.

AI di balik Dataniro tidak hanya memberikan solusi teknis, tetapi juga digambarkan sebagai sosok teman lama anda yang memiliki misi untuk membantu UMKM. Dengan pendekatan yang ramah dan penuh empati, UMKM dapat merasa seperti sedang berdiskusi dengan teman yang dapat dipercaya, yang selalu siap memberikan saran yang jujur dan berdasarkan data. 

Pendekatan ini membuat para pelaku usaha tidak hanya sekadar menggunakan teknologi, tetapi juga merasakan keterlibatan personal yang membantu mereka membuat keputusan lebih baik dan percaya diri dalam menjalankan bisnis mereka.

Dataniro didirikan oleh sekelompok profesional yang telah lama berkarir di bidang teknologi dan startup. Johnny Widodo, CEO Ringan dan mantan konsultan global, bersama dengan Corry Lamria, seorang profesional dengan lebih dari 10 tahun pengalaman di bidang data dan analytics, keduanya berperan sebagai advisor di Dataniro. 

Menurut Johnny, salah satu tantangan utama bagi UMKM dengan modal terbatas adalah kurangnya akses terhadap pengetahuan yang diperlukan untuk memulai bisnis. “Selain modal, kurangnya pengetahuan menjadi salah satu masalah utama bagi UMKM. Banyak yang menjalankan bisnis hanya berdasarkan intuisi, yang sering kali berujung pada kegagalan,” ungkap Johnny.

Sementara itu, Corry, dengan pengalamannya, memastikan bahwa rekomendasi dan solusi yang diberikan oleh Dataniro berbasis data yang akurat dan dapat diandalkan. "Kombinasi wawasan dari teknologi, startup, dan data analytics memberi kami keunggulan dalam mendukung pertumbuhan UMKM," ujar Corry Lamria.

Dengan Ayu, pengguna dapat mengakses berbagai layanan seperti Ide Bisnis Terbaru; Ayu memberikan rekomendasi bisnis berdasarkan analisis pasar terkini dan kebutuhan lokal, memberikan caption di Media Sosial untuk mempercepat pemilik bisnis dalam menyusun kata-kata yang cepat dan tepat untuk mempromosikan produk atau layanan di platform digital, memberikan rekomendasi supplier atau pemasok bahan baku atau produk jadi untuk kebutuhan UMKM, memberikan rekomendasi SOP siap pakai yang dapat disesuaikan dengan operasional bisnis, semua dapat diakses dengan mudah cukup dengan mengetikkan pertanyaan di website, Ayu memberikan jawaban secara cepat dan akurat, membantu pengusaha membuat keputusan yang lebih baik.

Dataniro adalah startup berbasis Generative AI yang menyediakan solusi untuk UMKM di Indonesia. Dengan teknologi canggih yang berfokus pada rekomendasi bisnis dan operasional, Ayu, AI pertama yang dirilis oleh Dataniro, siap menjadi mitra utama dalam pertumbuhan UMKM di seluruh negeri.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://ayu.dataniro.com/

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini