News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno Didapuk Jadi Tokoh Penjaga Kebijakan Energi

Penulis: Malvyandie Haryadi
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Acara Tanda Kehormatan Listrik Indonesia 2024 resmi dibuka pada hari Kamis kemarin (26/9/2024), di Jakarta.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Upaya Indonesia mencapai kedaulatan energi membutuhkan dukungan dari berbagai pihak mulai dari pemerintah, dunia usaha hingga dukungan legislasi di Parlemen.

Di parlemen, upaya di atas juga memerlukan perhatian dan konsistensi dari para legislator, guna mewujudkan kedaulatan energi sekaligus memperjuangkan energi bersih dan ramah lingkungan.

Berdasarkan hal itu maka sebagai bagian dari rangkaian acara Tanda Kehormatan Listrik Indonesia ke 100, Pimpinan Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno diberikan penghargaan sekaligus tanda kehormatan sebagai Tokoh Penjaga Kebijakan Energi.

Penghargaan ini diberikan kepada Eddy yang juga Sekjen PAN tersebut dianggap konsisten mengawal kebijakan menuju tata kelola energi yang lebih baik.

Baca juga: Punya Target Tinggi Genjot Produksi Migas, Pemerintah Siapkan 4 Strategi

Selain itu, Eddy juga dianggap konsisten dan berkomitmen mengawal kebijakan transisi menuju Energi terbarukan yang lebih bersih dan ramah lingkungan.

Menurut Guru Besar Fakultas Teknik UGM yang juga mantan Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Prof. Tumiran, Eddy Soeparno adalah sosok politisi yang memahami permasalahan dan solusi tata kelola energi yang lebih baik ke depannya.

“Pak Eddy tokoh yang Konsisten yang mengawal Kebijakan supaya mekanisme energi itu berjalan dengan baik apalagi dengan profil beliau sebagai seorang politikus yang punya pemahaman mengenai bahwa tata kelola energi itu harus dikelola dengan baik, konsisten dan berkelanjutan,”

“Harapan saya pemahaman beliau bisa dicontoh oleh para politisi – politisi yang lain karena saya melihat sifat konsisten tersebut ada di dalam diri beliau,” kata Prof. Tumiran.

Mengenai penghargaan dan tanda kehormatan ini, Eddy menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang selama 5 tahun telah bersama-sama mengawal kebijakan untuk mewujudkan kemandirian energi di parlemen.

“Tentu yang pertama terima kasih atas kepercayaan untuk menerima penghargaan dalam memperjuangkan kebijakan energi ini. Menurut saya ini adalah motivasi sekaligus tantangan untuk tetap konsisten memperjuangkan Indonesia yang mandiri, berdaulat dan berkeadilan di bidang energi,”

“Terima kasih juga saya sampaikan untuk rekan-rekan di Komisi VII DPR RI yang selama 5 tahun ini bersama-sama memperjuangkan tata kelola energi yang lebih baik dan mempercepat transisi untuk energi yang bersih, terbarukan dan ramah lingkungan."

Selain Eddy Soeparno, sejumlah tokoh juga menerima penghargaan dalam acara ini, termasuk Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, Anggota Dewan Energi Nasional Satya Widya Yudha, serta tokoh kelistrikan lainnya.

Tanda Kehormatan Listrik Indonesia

Acara Tanda Kehormatan Listrik Indonesia 2024 resmi dibuka pada hari Kamis kemarin (26/9/2024), di Jakarta.

Acara yang beragendakan pemberian tanda kehormatan tersebut dihadiri oleh tokoh-tokoh pemangku kepentingan dari pemerintahan dan perusahaan swasta, seperti Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto, Direktur Jenderal EBTKE Eniya Listiani Dewi, hingga Anggota Dewan Energi Nasional.

Sementara itu, pemangku kepentingan dari 70 Perusahaan juga turut hadir dalam agenda tersebut.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini