News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Manajer OHS di PT NHM Milik Haji Robert Jadi Anggota APKPI Bidang Kesehatan Kerja Pertambangan

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
Editor: Vincentius Haru Pamungkas
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dirjen Minerba KESDM Dr. Ing. Tri Winarno, S.T., M.T baru saja meresmikan 71 Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI) Periode 2024-2028. Salah satu yang dilantik adalah dr. Kuncoro yang saat ini juga mengisi posisi Manajer Occupational Health and Safety (OHS) di PT Nusa Halmahera Minerals (NHM)

TRIBUNNEWS.COM - Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Dr. Ing. Tri Winarno, S.T., M.T baru saja meresmikan 71 Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI) Periode 2024-2028. 

Salah satu yang dilantik adalah dr. Kuncoro yang saat ini juga mengisi posisi Manajer Occupational Health and Safety (OHS) di Perusahaan tambang emas PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) milik Haji Robert Nitiyudo Wachjo atau akrab disapa Haji Robert.

Dalam acara pelantikan anggota DPP APKPI Periode 2024-2028 yang dihelat di Ballroom Residence 8, Kamis (26/9/2024) lalu, dr. Kuncoro dikukuhkan sebagai Anggota Bidang Riset & Pengembangan Kesehatan Kerja.

Pengukuhan dilakukan dengan pengetukan palu dan simbolis penyematan pin oleh Tri Winarno kepada Direktur APKPI periode 2024-2028, Joko Triraharjo, Sekretaris Jenderal APKPI Periode 2024-2028, Adri Thanada dan Bendahara Umum APKPI Periode 2024-2028, Retno Nartani. 

Keberadaan APKPI diharapkan dapat menjawab keprihatinan dan keinginan terhadap terwujudnya keselamatan pertambangan di Indonesia yang mencerminkan good corporate governance. 

Pada masa kerja 2024-2028, DPP APKPI periode 2024-2028 akan mengelola 11 bidang terkait pengelolaan keselamatan pertambangan.

Dalam pidatonya, dr. Kuncoro menjelaskan peran yang akan dilakukan selama menjabat sebagai anggota DPP APKPI Periode 2024-2028. 

“Peran kami secara umum akan bersinergi bersama tim untuk meningkatkan kinerja, mengelola keselamatan, untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, kejadian akibat penyakit tenaga kerja, kejadian berbahaya dan juga meningkatkan budaya K3,” kata dr. Kuncoro. 

Baca juga: PT NHM Pimpinan Haji Robert Raih Sertifikasi Internasional, Bukti Komitmen pada K3 dan Lingkungan

Dukungan manajemen NHM pada dr. Kuncoro

Khususnya dalam bidang kesehatan kerja di pertambangan, dr. Kuncoro juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari manajemen yang telah mendukung sejak awal, mulai dari pengembangan ristek, implementasi, hingga pengembangan regulasi kesehatan kerja pertambangan. 

“Khususnya dalam bidang saya pada organisasi untuk kesehatan kerja di Pertambangan misalnya melalui pengembangan ristek, pemgembangan pedoman-pedoman yang merujuk pada best practice maupun implementasi yang telah dilakukan, juga masukan dalam pembuatan atau pengembangan regulasi kesehatan kerja pertambangan. Terima kasih atas dukungan dari manajemen” jelasnya lagi.


Wakil Presiden Direktur NHM Amiruddin Hasyim yang juga hadir dalam acara pelantikan tersebut, menyampaikan apresiasi atas capaian dr. Kuncoro di bidang kesehatan pertambangan. 

“Satu di antara 25 orang pendiri APKPI adalah Putra NHM. Semoga ke depan atas dukungan penuh semua pihak APKPI, melalui dr. Kuncoro kita bisa menjadi satu di antara para agen penggerak yang meminimalisir dan menghindari kecelakaan tambang atau kecelakaan kerja di tempat kerja maupun saat tidak di lokasi kerja (off the job safety),” ungkap Amir. 

Amir menambahkan dirinya berharap melalui pengukuhan ini, dr. Kuncoro beserta semua jajaran tim manajemen dan stakeholder internal NHM utamanya KTT selalu bisa memberi kontribusi terbaiknya untuk kesehatan kerja pertambangan. 

“Selamat kepada dr. Kuncoro atas pengukuhannya sebagai pengurus  DPP APKPI 2024-2028 bidang Kesehatan Kerja Pertambangan. Semoga kontribusi dr. Kuncoro, semua tim  Manajemen dan stakeholder internal NHM, utamanya KTT selalu menjadi bagian penting pencapaian terbaik Sehat, Selamat, Hijau di lingkungan Tambang Emas Gosowong,” tutupnya.

Baca juga: Berkomitmen Dukung SDGs, PT NHM Pimpinan Haji Robert Lolos 4 Nominasi Penghargaan di GMP Award 2024

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini