News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penataan Ekosistem Logistik Nasional Hapus Duplikasi Lewat Kemudahan Single Submission

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perkumpulan Pelaku Logistik Indonesia (PPLI) menandatangani nota kesepahaman dengan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan Perkumpulan Perempuan Wirausaha (PERWIRA). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah terus mendorong ekosistem logistik nasional menjadi lebih optimal, salah satunya dilakukan dengan menerbitkan instruksi Presiden tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional (NLE) yang bertujuan untuk menghapus duplikasi dan sekat-sekat sebelumnya, melalui digitalisasi dan kemudahan layanan single submission. 

Asisten Deputi Pengembangan Logistik Nasional Kementerian Koordinator Perekonomian, Atong Soekirman mengatakan, optimalisasi dan pengembangan NLE menjadi salah satu dari empat pilar yang menjadi penopang pengembangan logistik nasional yang akan memudahkan, menyederhanakan  kegiatan birorasi dan administrasi dalam ekosistem logistik.

"Pengembangan sarana dan infrastruktur yang akan mengintegrasikan kegiatan logistik hingga terkoneksi baik termasuk jalan, pelabuhan, bandara, kawasan berikat dan lainnya akan berperan dalam pengembangan logistik," kata Atong saat perayaan ulang tahun Perkumpulan Pelaku Logistik Indonesia (PPLI) ke 4 di Jakarta belum lama ini.

Peringatan HUT PPLI juga ditandai peluncuran layanan pengiriman ritel PT PPL Indonesia Express, anak usaha Koperasi PPLI yang dimaksudkan untuk  menjawab tantangan para pelaku UMKM dan asosiasi profesi yang membutuhkan layanan pengiriman ritel yang handal dan relatif murah.

Sedangkan dua pilar lainnya adalah pengembangan sumber daya manusia dari semua stakeholder logistik dapat dilakukan dengan pendidikan, pelatihan, penyuluhan dan lainnya dan digitalisasi semua proses dalam ekosistem logistik nasional. 

Atong menyambut baik langkah PPLI dalam mengembangkan pengiriman ritel ini agar dapat membantu UMKM mengembangkan usahanya. 

"Bila perlu dapat berkembang menjadi pelaku bisnis 3PL (Penyedia jasa logistik pihak ketiga. red) nasional ditengah persaingan pemain 3PL asing yang masuk ke Indonesia," katanya. 

Ketua Umum PPLI, Dedi Mihardiyanto mengajak anggota PPLI untuk berpartisipasi aktif dalam layanan ini dengan bergabung dalam Koperasi PPLI atau langsung membeli saham yang ditawarkan dalam penawaran terbatas khusus bagi anggota PPLI. 

Baca juga: Asosiasi Dorong Aturan Wajib Gunakan Digitalisasi Pembayaran di Sektor Logistik, Apa Alasannya?

“Anggota PPLI dapat juga berperan aktif menjadi hub dan subhub di tiap tiap kota yang dilayani dan terobosan ini juga menjadi tambahan penerimaan anggota di samping bisnis utamanya,” kata Dedi.

Direktur PT PPL Indonesia Express, Arief Effendi mengatakan, layanan ritel ini dalam tahap awal dimulai melayani wilayah Jawa Timur selanjutnya secara bertahap melayani pulau Jawa hingga nasional dan menjadi bisnis model yang mengandalkan gotong royong secara proporsional bagi semua anggota PPLI. 

“Dengan gotong royong ini, kendala permodalan, operasonal dan pengembangan jaringan akan lebih mudah, dibandingkan dengan perusahaan layanan pengiriman ritel lainnya yang hanya ditopang oleh pendanaan sendiri,” jelasnya. 

Baca juga: Menhub Resmikan Peningkatan Standar Pelayanan Minimum Stasiun Jurangmangu 

Dengan cara ini semua anggota PPLI berbagi beban, berbagi resiko, dan berbagi pendapatan. 

Namun ada banyak tantangan dan persoalan yang harus dicarikan solusinya seperti penyeragaman dan peningkatan level layanan, pengembangan sumber daya manusia dan infrastruktur IT. 

Saat peringatan HUT ke-4 ini, PPLI menandatangani nota kesepahaman dengan beberapa asosiasi profesi yaitu Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) , Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI)dan Perkumpulan Perempuan Wirausaha (PERWIRA).

Ketiga asosiasi ini pula yang akan menjadi target pelanggan layanan ritel PPLI, tentunya berkolaborasi di bidang lain seperti pembangunan dan pemanfaatan coldstorage, pengadaan alat dan bahan kemasan dan lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini