News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Anak Buah Bahlil Minta Perusahaan Tambang Tingkatkan Keselamatan Kerja di Seluruh Operasionalnya

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi pertambangan. Dalam industri pertambangan, keselamatan pekerja sangat penting untuk mewujudkan tata kelola pertambangan yang baik.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta seluruh para pelaku usaha pertambangan untuk terus meningkatkan standar kesehatan dan keselamatan kerja dan mengurangi jumlah kecelakaan kerja yang terjadi.

Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Tri Winarno saat bertemu para pimpinan puncak perusahaan pertambangan mineral dan batu bara se-Indonesia, di Bandung, Jawa Barat.

Tri mengungkapkan, pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat komitmen bersama dalam meningkatkan standar keselamatan kerja di seluruh operasional pertambangan di Indonesia.

Baca juga: Ahli Hukum Pertambangan & Lingkungan Sebut Aktivitas Tambang Ilegal Bisa Dijerat 10 Tahun Penjara

Dalam industri pertambangan, menurut Tri, keselamatan pekerja sangat penting untuk mewujudkan tata kelola pertambangan yang baik.

Melalui pertemuan ini, dirinya berkomitmen untuk terus meningkatkan standar kesehatan dan keselamatan kerja dan mengurangi jumlah kecelakaan kerja yang terjadi.

"Pelaksanaan kegiatan pertambangan yang aman dan selamat bukanlah pilihan, tetapi suatu keharusan," ungkap Tri dalam keterangannya, dikutip Senin (28/10/2024).

Ia percaya bahwa penerapan standar keselamatan pertambangan dalam setiap lini operasional pertambangan sangat penting.

Selain memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh undang-undang, diperlukan metode yang diharapkan mampu meningkatkan keselamatan, kesehatan, dan efisiensi operasional pertambangan.

Seperti, investasi terus-menerus dalam infrastruktur keselamatan, pelatihan keterampilan, dan dukungan penuh terhadap Kepala Teknik Tambang.

Apabila sektor keselamatan kerja berjalan optimal, maka kinerja operasional pun juga berjalan dengan baik.

"Sektor pertambangan di Indonesia dapat lebih maju dan bertanggung jawab terhadap lingkungan, serta mampu meningkatkan daya saing global," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini