News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Tetap Beroperasi, Pegawai KUA Gambir dan Senen Bergiliran Masuk

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Petugas Kementerian Agama (Kemenag) menunjukan Kartu Nikah di kantor Kemenag, Jakarta, Rabu (14/11/2018). Kementerian Agama akan mengeluarkan kartu nikah untuk menggantikan buku nikah karena maraknya pemalsuan buku nikah, kartu ini akan segera diterbitkan pada akhir November mendatang. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gambir dan juga KUA Kecamatan Senen masih tetap beroperasi meski wabah virus corona tengah merambah Indonesia. 

Staf KUA Gambir Widodo mengatakan pihaknya tetap membuka layanan pencatatan nikah pada hari Senin hingga Jumat. 

"Tetap beroperasi. Kalau tutup kan kasihan juga sama warganya. Layanan dilakukan mulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB," ujar Widodo, ketika ditemui di lokasi, Jakarta Pusat, Jumat (20/3/2020). 

Dia menegaskan KUA Gambir mengikuti imbauan pemerintah bahwa pegawai diminta masuk secara bergiliran. Sehingga KUA pun tetap buka melayani masyarakat setiap harinya. 

Baca: Dianggap Sebagai Informasi Salah, Postingan Gatot Nurmantyo Disensor Instagram

"Jadi ya sistemnya bergilir. Nggak sampai tutup total, tetap ada yang tugas itu. Sehari masuk, sehari libur. Yang sekarang masuk, besok nggak, bergantian gitu," kata Widodo. 

Widodo juga mengungkap tak ada penurunan angka pernikahan meski tak merinci dan memberikan data dari kantornya. "Nggak, nggak ada penurunan," imbuhnya. 

Sementara itu, pegawai perempuan di KUA Senen juga menyampaikan hal serupa. Dimana pihaknya tetap melayani pencatatan nikah masyarakat seperti biasa. 

Baca: Partai Demokrat Sampaikan Enam Rekomendasi Hadapi Penyebaran Virus Corona

"Ini pada masuk kok, tuh sudah ada petugasnya. Bergilir biasanya. Ada kok KUA yang lain yang bergilir juga petugasnya. Jadi sampai tanggal 31 Maret ada terus," ujar pegawai perempuan di KUA Senen yang tak mau diungkap identitasnya. 

KUA Kemayoran Tak Beroperasi hingga 31 Maret 

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam memastikan pelayanan Kantor Urusan Agama (KUA) tetap berjalan ditengah mewabahnya virus corona. 

Akan tetapi hal berbeda didapati di lapangan saat Tribunnews.com mendatangi KUA Kemayoran yang berada di Jalan F, Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (20/3/2020). 

Memang terdapat pegawai yang berada di kantor tersebut, namun mereka mengaku tak bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

"Yang piket ada, tapi untuk pelayanan nggak bisa, nggak boleh," ujar salah satu pegawai pria yang enggan disebutkan namanya, di lokasi, Jumat (20/3/2020). 

Pria tersebut mengatakan KUA Kemayoran sudah tak melayani masyarakat sejak tanggal 17 Maret 2020 dan akan berlanjut hingga 31 Maret 2020. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini