News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Kasus Covid-19 Varian Omicron Pertama di AS Terdeteksi di California

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Covid-19 di Amerika Serikat.Kasus Covid-19 Varian Omicron Pertama di AS Terdeteksi di California

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA - Departemen Kesehatan Masyarakat untuk California dan San Francisco, Amerika Serikat (AS) mengkonfirmasi bahwa kasus baru virus corona (Covid-19) yang ditemukan baru-baru ini pada seseorang yang ada di kota itu disebabkan oleh varian omicron.

Orang tersebut adalah seorang musafir yang kembali dari Afrika Selatan pada 22 November lalu dan telah divaksinasi secara lengkap.

Dikutip dari laman USA Today, Kamis (2/12/2021), pengurutan genom yang dilakukan di University of California-San Francisco pun mengkonfirmasi varian tersebut.

Baca juga: Imbas Temuan Omicron, WHO Sarankan Kelompok Berisiko Tinggi Menunda Perjalanan

Baca juga: Wall Street Berubah Menjadi Merah Gara-gara Omicron Masuk AS


"Kami tahu bahwa hanya masalah menunggu waktu sebelum akhirnya kasus omicron pertama terdeteksi di Amerika Serikat," kata Penasihat Presiden AS Joe Biden, Anthony Fauci dalam jumpa pers di Gedung Putih.

Sementara itu, Direktur Departemen Kesehatan Masyarakat San Francisco, Grant Colfax mengatakan dalam konferensi pers bahwa orang yang terinfeksi ini memiliki gejala ringan dan telah pulih.

"Individu tersebut memiliki rejimen vaksin Moderna lengkap, namun tidak mendapatkan suntikan (dosis penguat) booster," kata Colfax.

Sedangkan kontak erat pasien itu telah diberitahu dan dilakukan pengujian yang sejauh ini menunjukkan hasil negatif.

Sama seperti yang disampaikan Presiden Biden pada awal pekan ini, Colfax mengatakan kehadiran omicron merupakan sumber kekhawatiran namun bukan menjadi alasan masyarakat untuk panik.

Walaupun ia meyakini bahwa omicron kemungkinan besar memiliki sifat yang lebih mudah dan cepat menular dibandingkan varian delta.

Tingkat keparahan penyakit yang disebabkan oleh omicron dan kemampuannya untuk menghindari perlindungan yang diinduksi vaksin memang masih belum diketahui.

Baca juga: Pengobatan Covid-19 pada Varian Omicron Masih Efektif, Yang Bergejala Ringan Cukup Isolasi Mandiri

Namun Colfax menegaskan bahwa para ahli yang telah berkonsultasi dengannya meyakini bahwa vaksinasi tetap menjadi elemen penting dari perang melawan varian tersebut.

"Jadi pesan kami sama seperti kemarin, untuk memberikan perlindungan terbaik dari varian ini, anda harus divaksinasi, ini demi kebaikan anda jika memang annda belum divaksinasi. Dapatkan vaksin booster anda jika memenuhi syarat. Teruslah memakai masker jika itu memang diperlukan," tegas Colfax.

Di sisi lain, Fauci menekankan kembali dorongan kuat dari pemerintahan Biden kepada warga Amerika yang tidak divaksinasi untuk segera mendapatkan suntikan dosis penuh.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini