News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Di Balik Organisasi Kejahatan Yakuza

UU Anti-Yakuza di Jepang Dianggap Langgar Hak Asasi Manusia

Editor: Widiyabuana Slay
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Shinji Ishihara

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo, Jepang

TRIBUNNEWS.COM - Peluncuran pembaharuan UU Anti Yakuza yang efektif sejak Oktober 2011 sampai kini masih banyak pro dan kons di masyarakat Jepang. Bahkan hasil survei langsung radio NicoNico akhir Desember lalu saat wawancara dengan mantan yakuza, Shinji Ishihara, yang diwawancarai Tahara, sekitar 52 persen mendukung dan 48 persen menentang UU Anti-Yakuza tersebut.

Wawancara tersebut dikutip Tribunnews.com, Kamis (14/1/2013), di Tokyo. Ishihara (65) yang sejak usia 20 tahun sudah menjadi anggota yakuza dari kelompok yang ada di bawah Yamaguchi-gumi, tetapi sekitar 16 tahun terakhir sudah berhenti sebagai Kumicho (kepala kelompok) yakuza, menekankan bahwa UU Anti-Yakuza itu justru hanya menguntungkan polisi Jepang saja dan tidak melihat lebih jauh dampak bahayanya di masyarakat.

"Polisi itu curang ya," katanya, "Mereka tidak memikirkan lebih jauh akan dampaknya kepada masyarakat. Kalau yakuza di tekan terus, akhirnya bubar, misalnya, lalu pecah kecil-kecil, mereka akan jadi seperti tanpa pegangan, jalan sendiri, ayam kehilangan induknya. Ini justru sangat berbahaya bagi masyarakat dan justru menyusahkan masyarakat nantinya," paparnya.

Ishihara menekankan, biarkan saja yakuza berjalan seperti biasa, karena mereka terkontrol oleh Oyabun (big bos) yang dianggap seperti mahaguru bagi para anggotanya, "Kepala Yamaguchi-gumi itu seperti Rektor Universitas Tokyo. Jadi banyak yang masuk yamaguchi-gumi seperti belajar saja dan Oyabun mengontrol dengan ketat semua gerakan anak buahnya."

Dengan UU Anti-Yakuza itu Oyabun, diakuinya, memerintahkan agar semua tenang dulu, berdamai dulu dengan situasi yang ada, jangan berbuat macam-macam. Hal ini dikarenakan banyaknya pelarangan kepada yakuza di dalam pasal UU tersebut.

Masyarakat biasa tak bisa berkenalan lagi dengan anggota yakuza, "Kalau anggota masyarakat itu tak tahu seseorang yakuza, dia kenalan, nah anggota masyarakat itu kan bisa dengan mudah ditangkap polisi karena bisa saja dianggap berkomplot dengan yakuza dan itu sah penangkapannya karena sesuai UU tersebut. Ini kan menyusuhkan masyarakat sendiri. Kasihan dong tak tahu menahu seseorang itu yakuza atau tidak tetapi ikut ditangkap. Tidak sedikit anggota yakuza yang low profile seperti masyarakat biasa, merendah, tak mau ketahuan sebagai yakuza di masyarakat. Tidak sedikit anggota yakuza yang pintar apalagi Oyabun. Dia sangat smart sehingga seperti maha guru bagi para anggotanya," tekannya lagi.

Ishihara sedikitnya 7 kali telah masuk keluar penjara dan diakuinya sempat beberapa kali ingin dibunuh antar anggota yakuza. Tetapi kini setelah ke luar dari keanggotaan yakuza, dia banyak membantu anak-anak muda Jepang agar masa depan mereka semakin baik, jangan menjadi anggota yakuza dan hal-hal positif lain.

"Saya sudah makan asam garam mengalami sendiri menjadi anggota yakuza bahkan menjadi Kumicho. Sudahlah, sebaiknya jangan jadi anggota yakuza karena situasi kondisi saat ini telah berubah dibandingkan dulu," ujarnya.

Perubahan itu menurutnya antara lain karena perubahan karakter yakuza sekarang sudah semakin agak "kasar" dan individualistis serta materalisme "uang" sangat kental. Sedangkan zamannya dia dulu, kekeluargaan, keakraban seperti keluarga besar masih sangat baik sehingga berada di dalam kelompok yakuza seperti benar-benar anggota keluarga sendiri. Bisa curhat dengan enak, apa pun juga saling membantu, dan citranya keren.

"Dulu zaman saya kalau jadi anggota yakuza dan masuk ke luar penjara demi dan untuk membela kelompok yakuza, keren banget, diacungi jempol disambut baik setelah keluar dari penjara. Kini jauh berbeda. Apalagi setelah keluar UU Anti-Yakuza itu, gerak kita semakin sudah, cari uang juga susah di tengah sikon perekonomian Jepang yang masih sulit saat ini," katanya.

Jadi dia meminta anak muda jangan jadi yakuza dan anggota yakuza pun yang muda-muda kalau bisa keluar dan mencoba mencari pekerjaan dari hari ke hari, "Dengan semangat bekerja hari ke hari, mudah-mudahan kehidupan bisa berjalan dengan baik meskipun pas-pasan setelah keluar dari yakuza," jelasnya lagi.

Selain itu Ishihara juga mengemukakan bahwa ketimbang UU Anti Yakuza tersebut, sebaiknya polisi Jepang mengaca diri dulu dalam bantuan kepada masyarakat.

"Kalau masyarakat sedang dalam kesusahan, apabila panggil yakuza, segera datang dan dibantu dengan baik serta dilindungi terus. Tetapi kalau panggil polisi, lama datangnya dan setelah itu dilepas, tidak memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat itu. Tetapi dengan bantuan dari yakuza pasti terpecahkan, selesai tuntas. Itu kenyataan yang ada di masyarakat."

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini