News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Warga Afrika Tengah Paling Banyak Mengungsi ke Kamerun

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Seorang warga Afrika Tengah yang mengungsi di Kamerun mendapatkan bantuan dari lembaga kemanusiaan nasional PKPU, Selasa (22/4/2014) waktu setempat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Konflik yang melanda Republik Afrika Tengah menyebabkan terjadinya pengungsian besar-besaran. Saat ini,  pengungsi dari Afrika Tengah tersebar di lima  negara.

"Sebagian besar pengungsi telah menyebarang ke  luar negeri seperti Kamerun, Chad, Demokratik Kongo dan Kongo," kata Direktur Pendayagunaan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Rully Barlian Thamrin dalam surat emailnya kepada Tribunnews dari Douala Kamerun, Rabu (23/4/2014).

Berdasarkan data yang dikeluarkan lembaga pengungsi dunia,  UNHCR, konflik kemanusiaan di Republik Afrika Tengah terjadi sejak Juli 2013 lalu mengakibatkan 2,5 juta terkena dampaknya.

"Dari satu juta dua ratus ribu yang mengungsi, 235 ribu menyelamatkan diri keluar negeri termasuk Kamerun sebagai tujuan utama pengungsian yakni 166 ribu orang yang berada di beberapa titik dan wilayah," tuturnya.

"Untuk pengungsi juga masih bertahan di dalam negeri (Republik Afrika Tengah.red),   umumnya mengungsi di kawasan bandara, fasilitas publik dan masjid," tuturnya. (Eko Sutriyanto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini