News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jaringan Kelompok ISIS

Dianggap Barbar, ISIS Hentikan Publikasi Video Eksekusi

Editor: Gusti Sawabi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dalam video terbarunya, ISIS memperlihatkan lima orang tawanan yang dimasukkan ke dalam kerangkeng yang kemudian ditenggelamkan.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Ruth Vania Christine

TRIBUNNEWS.COM, SURIAH - Dikatakan terlalu barbar, pemimpin ISIS akhirnya memutuskan ISIS tidak akan lagi menunjukkan aksi pemenggalan di video-video propaganda mereka.

Sang pemimpin, Abu Bakr al-Baghdadi, justru menganjurkan kelompoknya agar melakukan strategi pendekatan yang lebih baik dalam merekrut anggota baru atau menarik pendukung.

Ia memerintahkan agar rekaman eksekusi ditiadakan dari tiap laporan atau rilis yang dipublikasikan oleh kantor media ISIS di Suriah dan Irak.

Menurut Bahdadi, jika ingin menunjukkan rekaman momen eksekusi, sebaiknya perlihatkan saat-saat sebelum dan setelah pemenggalan atau eksekusi saja.

"Harus diperhatikan juga rasa jijik yang para Muslim dan anak-anak rasakan ketika melihat adegan-adegan (pemenggalan) itu," kata al-Baghdadi, yang dilansir oleh surat kabar Al-Quds Al-Arabim.

Pendapatnya itu didukung oleh anggota militan ISIS lainnya, yang mengatakan adegan-adegan tersebut nampaknya memang dirasa terlalu barbar.

Namun, hal ini menjadi perdebatan lantaran ada juga yang berargumen bahwa justru kekejaman itu diperlihatkan untuk menakut-nakuti musuh.

(Toronto Sun/Business Insider)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini