News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Iran Vs Amerika Memanas

Rudal Iran Bikin 50 Tentara AS Cedera Otak

Penulis: Febby Mahendra
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Iran disebut telah meluncurkan beberapa rudal di fasilitas militer Amerika Serikat di Irak pada Rabu (8/1/2020) pagi waktu setempat.

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON -  Serangan rudal Iran terhadap dua markas militer Amerika Serikat (AS) di Irak pada Rabu (8/1/2020) lalu ternyata membawa dampak bagi prajurit Negara Paman Sam itu.

Setidaknya ada 50 personel militer AS didiagnosis menderita gegar otak dan cedera otak traumatis akibat serangan rudal tersebut.

Pentagon (Kementerian Pertahanan AS), Selasa (28/1/2020), mengeluarkan pernyataan terbaru mengenai kondisi tersebut. Jumlah itu meningkat 16 orang dari angka yang dirilis Pentagon pada akhir pekan lalu.

"Sampai hari ini, 50 anggota militer AS telah didiagnosis menderita TBI (cedera otak traumatis)," ujar Juru Bicara Pentagon Letnan Kolonel Thomas Campbell.

Menurutnya, dari 50 itu sebanyak 31 dirawat di Irak dan dapat kembali bertugas.

"Sebanyak 18 anggota telah dibawa ke Jerman untuk evaluasi dan perawatan lebih lanjut. Ini ada tambahan satu orang dari laporan sebelumnya. Seperti yang dilaporkan sebelumnya, satu anggota telah dibawa ke Kuwait dan telah kembali bertugas, " kata Campbell.

Beberapa pejabat Pentagon mengatakan kasus yang didiagnosis kemungkinan akan terus berubah.

Sekira 200 orang yang berada di zona ledakan pada saat serangan telah diskrining terkait gejala cedera otak traumatis.

Meskipun cedera otak traumatis tidak selalu segera tampak wujudnya, personel militer yang terkena menunjukkan dampaknya lebih serius daripada penilaian awal.

Publikasi yang dikeluarkan pada Selasa tersebut merupakan ketiga kalinya Pentagon memperbarui jumlah korban.

Pentagon dan Presiden Donald Trump pada awalnya mengatakan tidak ada personel AS yang terluka atau terbunuh dalam serangan rudal Iran.

Serangan rudal itu merupakan pembalasan atas serangan drone AS pada 2 Januari yang menewaskan Mayor Jenderal Qassem Soleimani, seorang jenderal papan atas Iran.

Baca: Serangan Virus Corona Meluas, AS Sarankan Warganya Tidak Bepergian ke China

Pekan lalu Trump mengatakan ia tidak menganggap potensi cedera otak sama seriusnya dengan luka fisik. Ia mengecilkan tingkat keparahan cedera yang diderita di Irak.

Selama Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Trump diminta untuk menjelaskan perbedaan antara komentar sebelumnya yaitu tidak ada personel AS yang terluka di pangkalan udara Al Asad, Irak.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini